Butuh Rp150 Miliar Per Kilometer Buat Bikin Tol di Ibu Kota Anyar

- Minggu, 8 Desember 2019 | 10:02 WIB
Kondisi pembangunan Tol Balikpapan - Samarinda. (PUPR).
Kondisi pembangunan Tol Balikpapan - Samarinda. (PUPR).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merencanakan pembangunan Jalan Tol Balikpapan menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN). 

Rencananya pembangunan jalan tol tersebut akan melalui opsi penugasan kepada PT Jasa Marga Samarinda - Balikpapan, yang saat ini menangani pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda, untuk mempercepat proses konstruksi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rencana jalan tol ke kawasan ibu kota di Kalimantan Timur, sedang dalam tahap penentuan trase

"Proyek tersebut juga akan diprioritaskan masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) agar pembebasan lahan bisa dipercepat," ujarnya dalam keteranganya, Minggu (8/12).

Ruas tol Balikpapan — Ibu Kota Negara (IKN), dirancang dengan panjang sekitar 60 kilometer dengan dana investasi akan disesuaikan dengan desain perencanaannya. 

"Apabila, tidak membutuhkan konstruksi melayang atau (elevated) maka investasinya diperkirakan mencapai Rp120 miliar - Rp150 miliar per kilometer," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menegaskan, menyambut liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Jalan Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam) khususnya seksi 2,3, dan 4 sepanjang 66 kilometer siap diresmikan.

Saat ini secara keseluruhan progres konstruksinya sudah mencapai 97 persen. Secara keseluruhan, tol ini akan rampung pada 2020.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X