Satu Keluarga di Banyuwangi Meninggal karena Keracunan Ikan Buntal

- Rabu, 11 Maret 2020 | 16:20 WIB
Kiri: korban meninggal akibat mengonsumsi ikan buntal (Istimewa) / Ilustrasi ikan buntal (visitcocosisland)
Kiri: korban meninggal akibat mengonsumsi ikan buntal (Istimewa) / Ilustrasi ikan buntal (visitcocosisland)

Satu keluarga di Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, meninggal dunia akibat memakan ikan buntal, Selasa (10/3/2020). Korban adalah pasangan suami istri dan ibu korban, yaitu Muhlis Hartono (65), dan Dewi Ambarwati (50), dan Siti Absyah (80).

Ketiganya diduga meninggal setelah mengonsumsi telur dan hati ikan buntal tersebut. Ikan hasil memancing di laut itu diketahui dimasak dengan kuah santan.

“Informasinya sejak kemarin sudah masak ikan buntal. Kemarin makan dagingnya. Siang tadi dipanasi dan makan hati serta telurnya. Ini yang memang beracun,” ungkap Kerabat korban, Ahmad Saifullah.

Sebelumnya, korban sempat dibawa berobat ke Puskesmas terdekat usai terkulai lemas akibat muntah-muntah. Namun, sesampainya di Puskesmas, nyawa korban tidak tertolong lagi.

Untuk memastikan penyebab kematian satu keluarga tersebut, polisi mengambil sampel makanan yang dikonsumsi satu keluarga tersebut untuk dilakukan uji laboratorium.

Sebenarnya, ikan buntal bisa dikonsumsi. Hanya saja, sebelum dimasak, seseorang harus menghilangkan racunnya terlebih dahulu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X