Video Detik-Detik TNI Evakuasi Terduga Pelaku Pembakaran Hutan di Riau
Petugas tengah berupaya memadamkan kabakaran hutan di Riau. (Antara Foto/Rony Muharrman)
News

Video Detik-Detik TNI Evakuasi Terduga Pelaku Pembakaran Hutan di Riau

Dievakuasi dengan menggunakan helikopter Bell TNI AD.

fauzi
Selasa, 17 September 2019 11:11 WIB 17 September 2019, 11:11 WIB

INDOZONE.ID - Tiga orang terduga pelaku pembakaran hutan di Provinsi Riau, diamankan oleh personel TNI AD. Di lihat dari video amatir yang diterima Indozone, perekam video menyebutkan penangkapan dilakukan Senin (16/9) kemarin.

Perekam video juga menyebutkan, proses evakuasi dilakukan Senin (16/9) siang sekira pukul 14.10 WIB. Ketiga terduga pembakaran hutan di evakuasi ke helikopter Bell milik TNI AD di bawah pengawalan sejumlah personel TNI AD bersenjata laras panjang.

Ketiga terduga pembakaran dibawa ke helikopter dengan posisi tangan diikat, serta mata ditutup. Berdasarkan keterangan perekam video, evakuasi dilakukan di Lapangan Sorek, yang diduga berada di wilayah Kabupaten Pelalawan, Riau.

Untuk diketahui, Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu wilayah di Provinsi Riau yang mengalami kebakaran hutan dan lahan hebat. Ironisnya, data BNPB dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan, 80 persen lahan hutan yang terbakar, setelah padam selalu berubah menjadi lahan perkebunan sawit atau tanaman industri lainnya.

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mencatat, sepanjang 2019 hingga 7 September setidaknya tercatat 19.000 lebih titik api. Sementara Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 15 September 2019, ada 2.862 titik api dengan total luas lahan yang terbakar 328.724 hektar. 


 

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE