Wantimpres Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Roma

- Sabtu, 28 September 2019 | 16:34 WIB
Antara
Antara

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) RI, KH Yahya Cholil Staquf, mendapat kesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Yahya Cholil tak sendiri, ia hadir di pertemuan "dialog antar iman" tersebut bersama dengan Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus, sejumlah pengurus GP Ansor, dan Rohaniwan Katolik Indonesia di Italia.

Adapun sejumlah GP Ansor yang hadir yaitu Sekjen GP Ansor Abdul Rochman, tiga Wakil Sekjen yakni Hasanuddin Ali, Wibowo Prasetyo, Rifqi Al Mubarok, dan Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji.

Pertemuan dilakukan setelah acara Audiensi Umum di lapangan Santo Petrus, Vatikan, Roma pada Rabu (25/9).

Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan, Antonius Agus Sriyono mengatakan, bahwa dalam diskusi itu peserta saling bertukar pandangan tentang bagaimana mewujudkan kerukunan di tengah keragaman agama di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan bahwa semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah warisan sejarah yang turun-temurun. Yahya menyebutkan bahwa semboyan tersebut sudah menjadi prinsip hidup masyarakat di wilayah Indonesia sejak zaman pra-kemerdekaan.

Begitu juga dengan Nahdlatul Ulama dan GP Ansor yang sejak lama telah menjalin kerja sama dengan pemeluk dan komunitas agama lain, untuk menjaga keharmonisan hubungan antaragama di Indonesia.

Ketum GP Ansor, Ansor Yaqut Cholil menyampaikan toleransi dan keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia di mana GP Ansor turut berkontribusi memeliharanya, termasuk dalam menjaga kegiatan keagamaan umat beragama, termasuk Katolik, di Indonesia.

Paus Fransiskus juga menyampaikan agar umat beragama selalu hidup berdampingan dalam damai.

"Saya doakan Anda. Anda doakan saya. Kita bersaudara. I pray for you, you pray for me, we are brothers," pesan Paus Fransiskus, sambil menutup pertemuan dengan mengucapkan assalamu'alaikum.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X