Donasikan Semua Gajinya Selama 30 Tahun, Aksi Mulia Penyapu Jalanan Ini Bikin Haru!

- Senin, 22 April 2019 | 16:55 WIB
Oddity central
Oddity central

Kalau kamu masih suka mengeluh, sebaiknya belajarlah dari pria ini. Meskipun hidupnya pas-pasan, namun ia tetap memikirkan orang lain yang kurang beruntung. Selama 30 tahun, pria asal China yang bernama Zhao (58) ini mendonasikan gajinya kepada anak-anak yang kurang beruntung.

Pria yang berprofesi sebagai penyapu jalanan tersebut telah menyumbangkan Rp 377 juta. Penghasilan Zhao sendiri yaitu sekitar Rp 4 juta per bulan. Untuk bisa hidup nyaman di daerahnya, Provinsi Liaoning, itu termasuk angka yang sangat kecil.

Selama 30 tahun itu pula, Zhao tidak pernah membeli baju baru. Bukti surat donasi menjadi satu-satunya koleksi Zhao. Masa kecil Zhao sendiri dulunya [enuh perjuangan. Ayahnya meninggal dunia saat ia kecil dan sang ibu alami penyakit mental.

Karena masa lalunya itulah hati Zhao terbuka untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung keluar dari garis kemisikinan. Sykurnya, perjuangan Zhao didukung oleh sang istri meskipun sebelumnya ia sempat mengeluh dengan kondisi keuangan keluarganya.

Zhao bahkan sampai menjual rumahnya sendiri dan tinggal di rumah kontrakan untuk menghidupi keluarganya.

"Saya dulu pernah menjadi anak-anak kurang beruntung tersebut. Saya pernah tak bisa makan dan merasa tidak bisa apa-apa. Oleh karena itu, saya ingin mengubah nasib mereka semua," ujar Zhao.

Desember tahun lalu, Zhao mengidap penyakit serius dan harus dirawat. Mendengar kabar tersebut, anak-anak yang sempat dibantu oleh Zhao kemudian berinisiatif membantu pengobatannya. Hingga saat ini, Zhao masih berprofesi menjadi penyapu jalanan. Usianya yang sudah semakin tua tidak menyurutkan niatnya untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X