Anak Pewaris BMW Ini Berkata Menjadi Orang Kaya Tak Selalu Enak

- Sabtu, 22 Juni 2019 | 12:42 WIB
BMW Blog
BMW Blog

Kakak-beradik Susanne Klatten (57) dan Stefan Quandt (53) ini adalah anak dari Herbert Werner Quandt, seorang pebisnis yang sukses menyelamatkan BMW dari ambang kebrangkutan dan membawa perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan otomotif paling menguntungkan.

Tentu saja hal ini membuat anak-anaknya sudah mengalami hidup mewah sejak kecil. Namun, bagi Susanne dan Stefan, hidup sebagai orang kaya juga ada sisi tidak enaknya yang sulit dipahami orang banyak.

Kesuksesan sang ayah adalah warisan yang menjadi beban bagi mereka berdua karena harus meneruskan dan mempertahankan kesuksesan tersebut. "Banyak yang percaya bahwa kita hanya duduk-duduk di kapal yacht di laut Mediterania. Peran sebagai penjanga kekayaan juga memiliki sisi personal yang tidak begitu menyenangkan," ujar Susanne Klatten.

Memang, uang sudah bukan lagi tujuan utama dalam kehidupan mereka. Sekarang, yang terpenting bagi mereka adalah memperhatikan karyawan dan menjaga kelangsungan perusahaan.

Mereka berdua duduk di dewan direksi BMW sehngga punya tanggung jawab yang besar. Susanne sendiri diketahui memegang 19,2 persen saham di BMW, sementara Stefan punya 23,7 persen saham.

Penasaran dengan jumlah kekayaannya? Susanne yang merupakan salah satu miliarder terkaya di Jerman ini memiliki harta sekitar Rp 265,3 triliun dan Stefan mempunyai kekayaan sekitar Rp 221,5 triliun.

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X