Jokowi Minta BMKG Lebih Tegas ke Pemda

- Selasa, 23 Juli 2019 | 13:57 WIB
(Twitter/@jokowi)
(Twitter/@jokowi)

Presiden Joko Widodo meminta Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lebih tegas menghadapi pemerintah daerah (pemda) yang berada di wilayah rawan bencana. 

"Sampaikan apa adanya. Bahwa ini tidak boleh, ini lokasi merah. Harus berani menyampaikan itu. Kepada pemerintah daerah baik kepada gubernur dan wali kota," kata Jokowi ketika membuka Rapat Koordinasi Nasional BMKG di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Jokowi ingin pembangunan di setiap daerah memerhatikan sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi bencana. Langkah itu perlu dilakukan agar kehidupan masyarakat terjamin. 

"Ini rawan gempa, lokasi ini rawan banjir. Jangan dibangun bandara, bendungan, perumahan. Tegas harus disampaikan," kata Jokowi. 

Jokowi tidak ingin wilayah yang rawan bencana menjadi pusat pemukiman. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak ingin nyawa rakyat menjadi taruhan karena pemerintah daerah teledor membuat kebijakan. 

"Jangan sampai kita mengulang-ulang sebuah kesalahan yang jelas-jelas di situ garisnya lempengan tektonik, kok dibangun perumahan besar-besaran," tutur Jokowi terkait permintaan ke BMKG

Indonesia mengalami bencana gempa bumi di sejumlah daerah. Salah satunya terjadi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Gempa bermagnitudo 7,2 itu tercatat menewaskan 10 orang. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X