Keadilan Buat Baiq Nuril Sudah di Depan Mata

- Jumat, 26 Juli 2019 | 11:30 WIB
Terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Transaksi dan Informasi Elektronik (UU ITE), Baiq Nuril Maknun. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Transaksi dan Informasi Elektronik (UU ITE), Baiq Nuril Maknun. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia menyetujui permohonan amnesti untuk Baiq Nuril Maknun. Keadilan untuk Baiq Nuril sudah di depan mata.

Keputusan untuk menyetujui permohonan pertimbangan dari Presiden RI Joko Widodo diambil secara aklamasi pada Rapat Paripurna DPR, Kamis (25/7/2019). 

Pada rapat tersebut, hadir pula Baiq Nuril. Dia tampak menangis dan melakukan sujud syukur setelah mendengar keputusan DPR terkait permohonan amnesti untuknya. 

Setelah mendapatkan persetujuan dari DPR, Baiq Nuril kini tinggal menunggu turunnya Keputusan Presiden agar amnesti yang dibawa memiliki kekuatan hukum.

-
Aksi solidaritas untuk Baiq Nuril Maknun. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

 

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan keputusan terkait amnesti untuk mantan pegawai honorer SMAN 7 Mataram itu akan segera dikeluarkan.

Pemerintah, lanjut Moeldoko, sejak awal memberikan perhatian penuh terhadap kasus Baiq Nuril. 

"Kami akan mengambil langkah berikutnya untuk menerbitkan amnesti," ujar Moeldoko. 

Kasus Baiq Nuril

Seperti diketahui, Baiq Nuril dijatuhi hukuman enam bulan penjara dan denda Rp500 juta, subsider tiga bulan penjara oleh Mahkamah Agung (MA). Baiq Nuril dinyatakan melanggar Pasal 27 Ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 11/2018 tentang ITE. 

Majelis hakim MA menyatakan Baiq Nuril bersalah karena melakukan perekaman ilegal, yaitu percakapan antara dirinya dengan sang atasan, Haji Muslim, dan kemudian menyebarluaskannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Padahal, perekaman itu dia lakukan untuk melindungi diri dari pelecehan yang dilakukan Muslim. 

Merasa tak bersalah, Baiq Nuril berjuang mencari keadilan. Dia melakukan safari ke beberapa pihak untuk bisa lepas dari jeratan hukum yang dinilai publik tak layak dia dapatkan. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X