Di Kalimantan Akan Ada Palapa Ring

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 10:28 WIB
Antara/Indrianto Eko Suwarso
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan bahwa kemungkinan akan ada Palapa Ring khusus Kalimantan menyusul telah ditunjuknya Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara RI baru.

Rudiantara bahkan juga menyebutkan bahwa Palapa Ring di Kalimantan harus banyak. “Jadi, kalau kita punya Palapa Ring untuk Indonesia, untuk punya Kalimantannya sendiri harus banyak Palapa Ring," ujar Rudiantara.

Untuk infrastruktur, Kominfo akan memanfaatkan jalan yang dibangun Kementerian PUPR.

"Nantinya kita akan manfaatkan bahu jalan yang sudah dibangun Kementerian PUPR di daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia yang sudah dibangun hanya kurang dari 300 kilo meter, nanti kita akan bangun fiber optik, sehingga di Kalimantan itu ringnya akan semakin bagus,” ujarnya.

Namun, hal tersebut harus dibicarakan kembali bersama para operator seluler. Rudiantara mengungkapkan, jika jaringan broadband di Kalimantan sudah terkoneksi, baik melalui Palapa Ring atau dengan jaringan yang dibangun oleh operator nanti akan ada gateaway internasional yang langsung ke Kalimantan.

"Mungkin harus dirancang dari sekarang, seberapa besar trafiknya. Karena kalau ibu kota pindah, itu kan nanti ada jutaan penghuni baru. Kalau trafik internasional tinggi, kenapa kita tidak pikirkan suatu saat dari Kalimantan langsung ke internasional," jelasnya.

Artinya, untuk ke depannya nanti, masyarakat Kalimantan bisa berkomunikasi secara lebih cepat, terutama untuk telekomunikasi antarnegara. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X