Begini Cara Ampuh Cegah Virus Corona

- Senin, 2 Maret 2020 | 17:00 WIB
Petugas menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Petugas menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Mewabahnya virus corona membuat banyak masyarakat dari sejumlah negara khawatir. Sebagian orang bahkan sampai memborong masker sebagai upaya pencegahan virus corona.

Padahal, selain mengenakan masker, ada hal yang tak kalah penting untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut. Kita perlu rutin mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur.

Seorang profesor biofisika dari Universitas Johns Hopkins, Karen Fleming, PhD mengatakan, virus corona adalah virus yang "diselimuti". Artinya, dia memiliki lapisan membran lipid luar atau lapisan lemak pada bagian luar.

-
Ilustrasi mencuci tangan (Pixabay/Martin Slavoljubovski)

"Mencuci tangan dengan sabun dan air memiliki kemampuan untuk melarutkan lapisan lemak berminyak ini dan membunuh virusnya," ujar Karen, dilansir dari Forbes.

Hal senada juga diungkapkan oleh spesialis pencegahan infeksi, Eli Perencevich, MD, profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa.

Eli mengungkapkan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga merupakan langkah pencegahan virus corona. Selain itu, seseorang juga tidak disarankan menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangannya sebagai langkah pencegahan virus coron.

"Cobalah melatih diri untuk tidak menyentuh wajah terutama mulut dan hidung Anda," ujar Eli.

Eli juga menyarankan selalu membawa cairan pembersih tangan kemana pun pergi untuk berjaga-jaga.

"Hanya karena itu (virus corona) adalah virus pernapasan, bukan berarti virus itu masuk ke tubuh Anda melalui pernapasan. Itu bisa masuk ketika tangan Anda yang terkontaminasi menyentuh mulut atau wajah Anda. Jadi, cuci tangan Anda, dan jangan menyentuh mulut atau wajah Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu," ungakapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X