Negara Lain Sudah Cegah Wisatawan Masuk, Indonesia Kapan?

- Jumat, 28 Februari 2020 | 09:26 WIB
Ilustrasi wisatawan yang datang ke Indonesia. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Ilustrasi wisatawan yang datang ke Indonesia. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Beberapa negara di dunia, sudah melakukan pencegahan kunjungan masuk wisatawan asing ke negaranya. Terakhir, Arab Saudi juga telah mengeluarkan larangan kunjungan ke Tanah Suci bagi jamaah umrah dari Indonesia dan beberapa negara lain di dunia. Lalu, mengapa Indonesia hingga kini masih terbuka dengan wisatawan asing?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Indonesia tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan itu. Menurutnya, ia dan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta instansi terkait lainnya, hingga kini terus berkomunikasi intensif untuk memikirkan hal yang terbaik yang harus diputuskan, menyangkut keselamatan 267 juta penduduk Indonesia dari bahaya virus corona (Covid-19). 

Di sisi lain, industri pariwisata nasional juga berkepentingan untuk tetap menjaga agar devisa dari mancanegara terus mengalir untuk menghidupi warga masyarakat yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata. 

"Soal banned kunjungan wisatawan, ini domainnya Kemenkes, acuannya dari WHO. Jadi, kita memang baru nge-banned Tiongkok. Memang ada diskusi tentang negara-negara lain. Tapi kita tidak akan gegabah melakukan itu," ujar Menhub Budi Karya, ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kamis (27/2/2020). 

Menhub Budi Karya mengatakan, dirinya terus berkomunikasi dengan Menlu Retno Marsudi tentang berbagai kemungkinan dalam rangka menyelamatkan Indonesia dari wabah Covid-19.

"Tadi saya juga diskusi dengan Bu Menlu tentang kemungkinan-kemungkinan itu. Ini jam ke jam banyak perkembangan. Tadi malam juga saya diskusi, tadi pagi juga. Yang pasti, negara melindungi dan care terhadap warga negara yang belum pulang juga. Dan untuk yang umrah ini, kita juga care dengan cara yang paling bersahabat," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X