The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wamen Muda Ini Mengaku Kaget saat Diminta Menghadap Presiden
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga (Indozone/Fahmy Fotaleno)
News

Wamen Muda Ini Mengaku Kaget saat Diminta Menghadap Presiden

Sedang nonton berita di Tv, tiba-tiba ada telpon dari istana.

Rabu, 27 November 2019 18:26 WIB 27 November 2019, 18:26 WIB

INDOZONE.ID - Penunjukkan dan pelantikan 12 wakil menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sudah berlangsung sekitar 1 bulan yang lalu, namun tentunya masih banyak cerita-cerita menarik yang belum banyak orang ketahui khususnya bagaimana reaksi dan sedang apa wakil menteri saat ditelpon pihak istana untuk datang menghadap Presiden Jokowi.

Salah satunya adalah Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang bercerita banyak kepada Indozone tentang bagaimana proses pemberitahuan hingga pemberian tugas langsung oleh Presiden Jokowi sebagai wamen.

Jerry Sambuaga mengatakan, ia dihubungi pihak istana sehari sebelum datang menghadap presiden. Saat itu ia tengah bersantai di rumah sambil nonton berita. Begitu tahu bahwa telpon tersebut memintanya agar besok menghadap Presiden Jokowi, perasaannya campur aduk mulai dari kaget, terkejut dan sedikit syok.

"Tiba-tiba ada pesan masuk dari Istana. Pak Jerry bisa saya telepon, saya balas bisa. Lalu setelah ditelepon berkenan besok dipanggil untuk menghadap pak presiden besok untuk penugasan. Saya kaget, terkejut sedikit shok pokoknya campur aduklah saat itu perasaan saya," ujarnya saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (27/11).

Wamen yang masih berusia 34 tahun ini mengaku saat itu ia belum tahu pemanggilan ini terkait dengan persoalan apa. Dan Jerry juga enggan menduga-duga dan tidak bisa memprediksi soal pemanggilan tersebut. Intinya dia harus siap dengan segala kemungkinan dan arahan yang akan diamanatkan kepadanya.

"Selesai saya tutup telepon kemudian ada yang menghubungi lagi untuk memberitahukan soal teknis seperti pakai baju putih, celana hitam dan saya ikuti saja lalu saya datang keesokan harinya. Kan diminta datang menghadap jam 9 jadi saya harus sampai istana sebelum jam 9," katanya.

Sesampainya di istana, ia kemudian diarahkan oleh protokoler dan langsung menuju ke ruangan yang sudah disipakna sambil menunggu arahan berikutnya. Di ruangan tersebut sudah ada calon wamen lainnya pada waktu itu.

"Kemudian sampai sana diarahkan sama protokol istana, ternyata saat itu sudah ada teman-teman yang lain di antaranya pak Suahasil, pak Budi, pak Mahendra dan yang lain. Feeling saya berarti ini ada tugas khusus yang berkaitan dengan tugas negara," ujarnya.

Para calon menteri menunggu giliran dipanggil satu per satu menghadap Presiden Jokowi. Tibalah giliran Jerry Sambuaga. Ia tidak tahu itu ruangan apa, ia hanya melihat ruangan tersebut ada meja panjang dan banyak kursi serta ada Presiden Jokowi didampingi dengan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Perasaan campur aduk saat itu. Pak Presiden nampak santai dan berkharisma kalau menurut saya. Beliau lalu meminta saya untuk membantu di bidang perdagangan. Kemudian saya bertanya, mohon izin pak kira-kira lahan apa yang saya urusi. Presiden meminta saya mengurusi perjanjian-perjanjian perdagangan internasional.

Secara spesifik, Jerry Sambuaga diminta membantu Menteri Perdagangan Agus Suparmanto untuk menyelesaikan semua perjanjian-perjanjian perdagangan yang belum selesai.

"Beliau mengatakan jadi semua perjanjian-perjanjian perdagangan yang belum diselesaikan tolong pak Jerry bantu pak menteri untuk diselesaikan," ungkapnya.

Setelah semua giliran calon wamen menghadap satu per satu untuk mendengarkan arahan langsung dari Presiden Jokowi, barulah diperkenalkan keseluruhannya di hadapan para awak media.

Berikut daftar wakil menteri Kabinet Indonesia Maju:

1. Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar
2. Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono
3. Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid Sa'adi
4. Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara
5. Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga
6. Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: John Wempi Wetimpo
7. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Alue Dohong
8. Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi
9. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN: Surya Tjandra
10. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmodjo
11. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin
12. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo

Artikel menarik lainnya:

TAG
Indozone

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US