Mahathir Mohamad Mundur untuk Gagalkan Anwar Ibrahim Jadi PM?

- Senin, 24 Februari 2020 | 15:22 WIB
PM Malaysia Mahathir Mohamad mundur (REUTERS)
PM Malaysia Mahathir Mohamad mundur (REUTERS)

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad membuat publik terkejut dengan langkahnya yang melakukan pengunduran diri ke Raja Malaysia, Senin (24/2/2020). 

Menurut sumber kepada The Straits Times, langkah Mahathir Mohamad mundur ini akan disusul oleh deklarasi dukungan Mahathir terus berkuasa hingga akhir periode.

Bahkan sumber tersebut mengatakan, pengunduran diri Mahathir Mohamad hanya siasat untuk membatalkan perjanjian kepemimpinan dari Mahathir kepada Anwar Ibrahim

Sebagaimana diketahui, dalam perjanjian Pakatan Harapan Mei 2018 disebutkan bahwa Mahathir akan menyerahkan jabatan kepada Anwar sebelum pemilu berikutnya pada 2023.

Sumber menyebutkan, skenario nantinya yaitu Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong, menolak pengunduran diri Mahathir Mohamad dengan alasan mayoritas parlemen mendukung Mahathir untuk terus memimpin hingga Pemilu 2023. Dengan demikian, Anwar Ibrahim batal menggantikan Mahathir Mohamad.

"Tidak, Agong akan menolak pengunduran diri dengan mengatakan Mahathir mendapat dukungan dari mayoritas parlemen," ujar sumber itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X