The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

DPR Targetkan Fit and Proper Test Calon Pimpinan KPK Diselesaikan Hari Ini
Logo KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
News

DPR Targetkan Fit and Proper Test Calon Pimpinan KPK Diselesaikan Hari Ini

Rabu, 28 September 2022 16:22 WIB 28 September 2022, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir berharap fit and proper test terhadap dua calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa diselesaikan hari ini, Rabu (28/9/2022).

“Kalau semua lancar Insyaallah bisa kita umumkan hari ini,” kata Adies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengajukan dua nama pengganti Lili Pintauli sebagai Wakil Ketua KPK yakni Johanes Tanak dan I Nyoman Wara.

Baca Juga: Selain Kasus Suap, KPK Juga Diminta Usut Dugaan Korupsi Rekrutmen Hakim Agung

Adies berucap, nantinya dari dua nama itu hanya dipilih satu orang saja. Semisalnya, kedua nama itu dianggap tak memenuhi kriteria, maka bisa saja dikirim kembali ke Presiden.

“Nanti kita sampaikan ke pimpinan dan pimpinan yang menyampaikan ke presiden, nanti apakah ditentukan satu nama atau mungkin misalnya  keduanya dianggap tak memenuhi kita kembalikan, presiden bisa mengirim lagi nama yang lain,” tuturnya.

Jika benar kedua capim tersebut dikembalikan karena tidak dianggap masuk kriteria, maka Presiden Jokowi bisa kembali mengajukan nama kembali.

Baca Juga: Dear Presiden Jokowi! Harap Bentuk Komisi PDP yang Independen Macam KPK

“Bisa, kalau misalnya dipandang ada hal yang mungkin dianggap keduanya tak sesuai peraturan perundang-undangan bisa saja dikembalikan, kita lihat nanti ya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Adies mengatakan fit and proper test dilakukan secara terbuka. Namun, untuk voting pemilihan dilakukan secara tertutup.

“Maksudnya itu kan voting secara tertutup itu kalau misalnya tidak ditemukan jalan keluar aklamasi, kalau tidak aklamasi kita lakukan voting one man one vote. Bukan acaranya yang tertutup, acaranya terbuka, voting biasa kan semua bisa menyaksikan,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US