Sempat Dirawat di RSCM, Fajri Pria Obesitas 300 Kg Asal Tangerang Meninggal Dunia

- Kamis, 22 Juni 2023 | 11:50 WIB
Pria obesitas, Moch Fajri Rifana yang memiliki berat 300 kilogram (Pemkot Tangerang)
Pria obesitas, Moch Fajri Rifana yang memiliki berat 300 kilogram (Pemkot Tangerang)

Pria obesitas dengan bobot 300 kilogram bernama Moch Fajri Rifana asal Tangerang, meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, hari ini, Kamis (22/6/2023).

Pria berusia 26 tahun itu meninggal dunia setelah sempat dirawat di RSUP Cipto Mangunkusumo. Kabar duka ini dibenarkan oleh direktur utama RSCM, Lies Dina Liastuti.

"Betul. Kami akan share siaran persnya," ujar Lies, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (22/6/2023).

Namun, Lies belum menjelaskan lebih rinci ihwal penyebab dan waktu meninggalnya Fajri, sejak dirawat di RSCM pada Jumat (9/6/2023) lalu.

Warga Jalan Kedaung No125 RT02 RW02 Kelurahan Larangan Indah, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang itu dipastikan kesulitan beraktivitas karena timbunan lemak di tubuhnya.

Baca juga: Bayi Obesitas di Bekasi akan Jalani Operasi Perpendek Usus, Ditangani Lebih dari 10 Dokter

Kejadian itu dialami Fajri, setelah dirinya mengalami kecelakaan lalu lintas tiga tahun lalu. Insiden itu membuatnya hanya bisa tergolek lemas di tempat tidur, hingga bobot tubuhnya semakin bertambah.

Sebelum peristiwa kecelakaan itu terjadi, Fajri memiliki berat tubuh 150 kg. Kini, tim medis RSCM memperkirakan bobot tubuh Fajri berkisar 300 kg, yang diperkirakan akibat gangguan hormon.

Lies mengatakan kasus yang dialami Fajri termasuk kejadian langka yang dialami orang dewasa. Kasus itu adalah kali kedua ditangani tim medis RSCM, setelah sebelumnya kasus serupa dialami pasien atas nama Arya Permana (10) pada 2016 dengan bobot sekitar 190 kg.

Pemkot Tangerang Siap Bantu Pengurusan Jenazah Fajri

-
Pria obesitas, Moch Fajri Rifana yang memiliki berat 300 kilogram (Pemkot Tangerang)

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang, Banten siap membantu pengurusan jenazah Fajri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni menyebut pihaknya siap membantu pengurusan jenazah Fajri, mulai dari penjemputan hingga proses pemakaman. Menurutnya, Fajri meninggal dunia pada Kamis dini hari, pukul 01.25 di RSCM.

"Kami siap siaga (membantu) mulai dari penjemputan, proses pengangkutan jenazah, hingga proses pemakaman," ungkap Dini dalam keterangan persnya, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: Viral Pemakaman Jenazah Obesitas 180 Kg, Diantar Pakai Pick Up, Diturunkan dengan Katrol

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang berkoordinasi dengan pengelola RSCM untuk membantu pengurusan jenazah Fajri.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X