Semalam, Kapolda Metro Keliling Tinjau Langsung Malam Takbiran di Jakarta

- Sabtu, 22 April 2023 | 08:51 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto pantau situasi keamanan di Jakarta saat malam takbiran. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto pantau situasi keamanan di Jakarta saat malam takbiran. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto meninjau secara langsung malam takbiran disejumlah titik di ibu kota DKI Jakarta. Hasilnya, diklaim Jakarta dalam kondisi yang aman.

"Alhamdulillah situasi Jakarta dalam keadaan aman dan kondusif," kata Irjen Karyoto kepada wartawan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2023) dini hari.

Karyoto menyampaikan hal tersebut usai meninjau sejumlah titik di Jakarta. Rombongan Polda Metro Jaya bergerak dari Mapolda Metro mengarah ke Jalan Sudirman hingga ke arah Ancol.

Baca Juga: Kapolda Metro ke Jajaran soal Rumah Kosong Pemudik: Patroli Jangan Cuma Lewat!

Khusus di wilayah Bundaran HI saat memantau, situasi lalin memang sempat terjadi kepadatan. Dikatakan Karyoto hal ini lantaran masyarakat ingin meningmati malam takbiran.

"Malam ini Bundaran HI memang terasa agak ramai. Ini bukan pawai tetapi hanya di sepanjang Jalan Thamrin ada beberapa kerumunan masyarakat yang ingin menyambut datangnya hari raya besok kegembiraan kesenangan warga masyarakat untuk menyambut idul fitri," beber Karyoto.

Dalam pemantauanya, Irjen Karyoto mengaku menemukan satu mobil boks yang digunakan untuk takbiran keliling. Polisi kemudian mengimbau massa untuk menghentikan kegiatanya.

"Tadi saya melihat ada satu, saya perintahkan anggota untuk hati-hati. Kalau tidak layak duduk di pinggir-pinggir bak itu, maka suruh duduk di dalam bak karena tidak mungkin menurunkan mereka sampai mereka pulang ke rumah," kata Karyoto.

Selain itu, terpantau pula para pengendara sepeda motor yang sengaja berkendar di kawasan Jalan Jenderal Sudirman namun tidak memakai helm. Dia menyebut pihaknya melakukan penindakan pelanggar lalu lintas melalui kamera E-TLE.

"Secara sistem E-TLE itu sangat aktif, nanti akan termonitor berapa capture yang melanggar. Mereka memang merasa tidak ada yang mengawasi, tapi kenyataan nya tiba-tiba didatangi surat untuk membayar denda kepada pengadilan langsung," paparnya.

Baca Juga: Hendak SOTR di Jaksel, 112 Remaja Ini Diamankan Pihak Kepolisian

Diklaim Belum Ada Pencurian Rumah Pemudik

-
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto pantau situasi keamanan di Jakarta saat malam takbiran. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Terkait kejagatan perncurian di rumah kosong yang ditinggak pemudik, Karyoto mengaku pihaknya hingga hari ini belum menerima laporan terkait kasus perampokan.

"Saya pantau hari ini belum ada kejadian pencurian rumah kosong, belum ada kejadian. Insya Allah sampai saudara kita yang mudik pulang kembali, mendapatkan rumahnya dalam keadaan aman," kata Karyoto.

"Kita berusaha maksimal, masalah hasil kembali kita serahkan kepada semua pihak. Apabila kita bisa melakukan upaya preventif yang maksimal saya yakin hasilnya akan jauh lebih baik," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X