Malam Tahun Baru 2023, 40 Ribu Orang Diperkirakan Padati TMII

- Jumat, 30 Desember 2022 | 09:21 WIB
TMII (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
TMII (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, memperkirakan pengunjung TMII (Taman Mini Indonesia Indah) akan mencapai 40 ribu pada malam pergantian tahun. Pihaknya pun menyiapkan sejumlah langkah antisipasi.

"Pada malam pergantian tahun, dalam hal pengamanan, 118 personel pengamanan internal telah disiapkan dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan juga telah disiagakan," ujar Andhika saat dikonfrimasi, Jumat (30/12/2022).

Selain itu, pos-pos penjagaan juga telah ditempatkan pada pintu tiga dan empat serta di sejumlah titik untuk mengatur arus lalu lintas. Sementara itu, bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat ataupun dua, akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

-
TMII (ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan)

Baca Juga: Masyarakat Diminta Gak Buang Sampah Sembarangan saat Rayakan Malam Tahun Baru 2023

"Kapasitas parkir terpadu mencapai 559 lot untuk mobil, 300 lot motor dan 28 lot untuk sepeda. Tempat parkir alternatif terletak di beberapa lokasi," tambah Andhika.

Berikut tempat parkir yang telah disediakan untuk masyarakat yang akan mengunjungi TMII saat perayaan malam Tahun Baru 2023:

  • Area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot
  • Parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot
  • Parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot
  • Parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot
  • Lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.

Oleh karena itu, menurut Andhika, tenaga kesehatan, ambulance, dan tenda medis juga ditempatkan di sejumlah titik.

"Di Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, depan PP IPTEK, depan Istana Anak, depan Sasana Adirasa dan depan Plaza Keong Mas," tambah Andhika.

Petugas pemadam kebakaran juga disiagakan di sejumlah titik antara lain di kawasan ex BNI Plaza Utara, depan Anjungan Maluku, depan anjungan Sulawesi Utara depan PP IPTEK, depan Plaza Kayu Gede dan depan Plaza Keong Mas.

"Sementara untuk toilet portable, tersedia di Parkir Plaza Utara, depan anjungan Sumatera Utara, depan anjungan Maluku, depan PP IPTEK, depan Istana Anak dan depan Plaza Keong Mas," ungkap Andhika.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memastikan perayaan malam Tahun Baru 2023 akan digelar di beberapa titik, yakni di Thamrin, Sudirman, Blok M hingga TMII.

"Tempat, kan, titik-titik itu di sepanjang Thamrin-Sudirman sampai Blok M, jadi M Blok ada, beberapa titik-titik di Thamrin, terus kami nanti kegiatannya ada di Taman Mini," ujar Heru di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 21 Desember 2022.

Sementara itu, ia menjelaskan, bahwa setiap kantor Wali Kota di DKI Jakarta juga akan mengadakan acara malam Tahun Baru 2023.

Baca Juga: Bus TransJakarta akan Beroperasi 24 Jam pada Malam Tahun Baru 2023

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X