ASDP Pede Penyeberangan di Merak Banten Bakal Lancar saat Arus Mudik Lebaran 2023

- Kamis, 30 Maret 2023 | 22:05 WIB
Pelabuhan Merak Kota Cilegon, Banten. (ANTARA/Mansur)
Pelabuhan Merak Kota Cilegon, Banten. (ANTARA/Mansur)

PT ASDP Indonesia Ferry Persero Cabang Merak, Banten, yakin arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak akan berjalan lancar. Hal ini dikarenakan adanya penambahan kapasitas parkir kendaraan yang hendak naik ke kapal untuk diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Ada penambahan daya tampung parkir kendaraan pada tahun ini sebanyak 1.000 unit kendaraan, sehingga bisa menjadi 5.000 unit kendaraan dari kapasitas lapangan parkir pelabuhan sebelumnya 4.000 unit kendaraan," kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Suharto di Merak sebagaimana dilansir dari Antara, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Tiket Kereta Api Arus Balik Lebaran 2023 di Daop Madiun Sudah Terjual 90 Persen

Dikatakan Suharto, penambahan lahan parkir kendaraan tersebut guna memudahkan kelancaran pemudik lebaran yang melintasi penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni dan sebaliknya.

Lantaran adanya kenaikan jumlah pemudik, operator Pelabuhan Merak menyiapkan untuk kelancaran arus lalu lintas di antaranya dengan penambahan daya tampung parkir kendaraan.

Karena sebelumnya lapangan parkir kendaraan pelabuhan yang menampung 4.000 unit kendaraan. Namun, tahun ini ditambah kapasitas daya tampung sebanyak 1.000 unit kendaraan, sehingga bisa menjadi 5.000 unit kendaraan.

"Kami optimistis dengan penambahan daya tampung parkir kendaraan arus mudik lebaran berjalan lancar," kata Suharto.

Menurut dia, operator Pelabuhan Merak kini mengebut pembangunan penambahan lahan parkir kendaraan tersebut. Pembangunan tambahan lahan parkir kendaraan itu dilakukan di beberapa titik di Pelabuhan Merak di antaranya depan terminal eksekutif dan bekas Kantor ASDP setempat.

"Kami menargetkan penambahan daya tampung lahan parkir kendaraan secepatnya dan bisa dioperasikan arus mudik lebaran tahun ini," katanya.

Baca Juga: Rentan Kecelakaan, Polri Imbau Warga Tidak Mudik Lebaran Naik Motor

Ia mengatakan, pihak Pelabuhan Merak kini mengoptimalkan perbaikan sarana dan fasilitas yang ada, seperti penambahan lahan parkir juga arus lalu lintas yang masuk menuju pelabuhan.

Selain itu perbaikan jalan di pelabuhan yang mengalami kerusakan. Perbaikan fasilitas dan sarana pelabuhan melibatkan otoritas Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD), termasuk pengamanan 'ramp check" di pelabuhan maupun di atas kapal.

Namun demikian, pihaknya juga mengimbau para pemudik Lebaran untuk mendukung kelancaran agar membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya keberangkatan.

"Kami minta pemudik menyeberang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang dipesan dalam tiket secara 'online' itu," katanya.
 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X