Mengenaskan! Ekor Hiu Tutul Terdampar di Banyuwangi Kondisinya Terpotong, Dimutilasi?

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:42 WIB
Hiu tutul ditemukan di Banyuwangi. (Z Creators/Ahmad Hafiluddin)
Hiu tutul ditemukan di Banyuwangi. (Z Creators/Ahmad Hafiluddin)

Hiu tutul dilaporkan terdampar di Pantai Muara Mbaduk, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Namun anehnya, saat ditemukan kondisi ekor sirip ikan bernama latin Rhincodon Typus tersebut telah hilang alias hilang, di pesisir pantai yang berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

-
Hiu tutul ditemukan di Banyuwangi. (Z Creators/Ahmad Hafiluddin)

Dalam video dan foto yang beredar, potongan pada sirip dan ekor hiu tersebut nampak rapi. Ada dugaan telah dimutilasi. Anang Fauzi, seorang warga Desa Sarongan mengatakan, ketika ditemukan hiu tutul tersebut sudah mati. Mirisnya lagi, bagian ekor dan siripnya telah hilang.

"Entah ya hasil buruan atau apa cuma memang saat ditemukan kondisinya sudah mati. Ekornya sudah hilang," kata Anang, Rabu (31/8/2022).

-
Hiu tutul ditemukan di Banyuwangi. (Z Creators/Ahmad Hafiluddin)

Bahkan, ikan yang ditemukan kondisinya telah membusuk. Sehingga bau tak sedap menyeruak di sekitarnya. Hiu tutul merupakan salah satu satwa yang dilindungi. 

Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Tutul. Sehingga harus dijaga kelestariannya.

"Bangkai Hiu tutul saat ini masih proses penguburan, karena memang sudah menimbulkan bau busuk," ujar Anang.

Untuk diketahui, dalam bulan Agustus 2022 ini, di kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini, ada kejadian beberapa hewan dilindungi terdampar dan mati.

Pertama, pada 3 Agustus 2022, terjadi di Pantai Bulusan, Kalipuro, Paus Sperma berukuran 18 meter dengan bobot lebih dari 30nton terdampar dan akhirnya mati.

Selanjutnya pada 6 Agustus 2022, warga kembali dihebohkan dengan Hiu tutul terdampar dan mati di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo.

Ketiga, diujung bulan ini, yaitu Hiu tutul terdampar dan mati. Mirisnya, bagian ekor dan sirip hiu tersebut telah raib.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini

-
Z Creators

 

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X