KTT G20: Presiden Rusia Vladimir Putin Tidak Akan Hadir di Bali

- Kamis, 10 November 2022 | 14:17 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam sebuah acara (Reuters/Sergei Savostyanov)
Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam sebuah acara (Reuters/Sergei Savostyanov)

Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak akan hadir secara langsung di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15 dan 16 November 2022, melansir dari Reuters, Kamis (10/11/2022). Menurut laporan tersebut, Putin akan diwakili oleh Menter Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov.

Dalam laporan tersebut, Reuters juga mengutip pernyataan Jodi Mahardi, juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, perihal Putin yang akan menghadiri salah satu pertemuan di KTT secara virtual.

Awalnya, Putin sempat memberi kode, bahwa akan hadir di Bali. Akan tetapi, fakta berkata sebaliknya dengan Putin akan diwakili oleh Menlu Rusia.

-
Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam sebuah acara (Reuters/Sergei Bobylyov)

Baca Juga: Keren! Pasukan Polisi Berkuda Dikerahkan Amankan KTT G20

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum bisa memastikan kehadiran Putin di KTT G20. Selain Putin, Presiden Jokowi juga belum bisa memastikan, bahwa Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, akan hadir dalam KTT ke-17 tersebut.

“Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” tutur Jokowi sebagaimana dilansir dari laman setkab, Selasa 8 November 2022.

Meski begitu, Presiden Jokowi menyatakan, ada 17 kepala negara yang telah memastikan diri hadir di KTT G20. Sebut saja, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Baca Juga: Prabowo akan Bicara di Forum Keamanan Pangan Global pada KTT G20

“Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus,” pungkas Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X