Tertunda Dua Kali, 68 Calon Jemaah Haji Kota Batu Gagal Lagi Berangkat ke Tanah Suci

- Selasa, 14 Juni 2022 | 16:36 WIB
Ratusan CJH siap masuk ke asrama Haji (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Ratusan CJH siap masuk ke asrama Haji (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Sebanyak 68 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Batu, Jawa Timur gagal berangkat haji tahun ini. Adanya pembatasan kuota yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi, membuat tak semua calon jemaah haji Kota Batu bisa berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

-
Pelapasan Calon Jemaah Haji asal Kota Batu (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Dari total 168 calon jemaah haji Kota Batu, hanya 100 orang saja yang dipastikan bisa berangkat haji tahun ini. Sementara untuk 68 orang lainnya terpaksa harus bersabar menunggu hingga tahun depan. Mereka semua seharusnya berangkat pada 2020 lalu, tapi akhirnya tertunda karena pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu, Drs H Imam Turmudi M Ag, dalam acara ‘Pelepasan Jemaah Haji Kota Batu Tahun 1443 H/2022 M’ yang berlangsung di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani Pemkot Batu, Selasa (14/6).

Imam Turmudi menjelaskan bahwa jemaah haji Kota Batu tahun ini masuk dalam kloter 20 dan akan bergabung dengan jemaah haji dari tiga daerah lain di Jawa Timur, yakni Kota Probolinggo, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sampang.

-
Calon Jemaah Haji akan diberangkatkan ke asrama haji (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Rencananya, jemaah haji Kota Batu akan diberangkatkan secara resmi ke Asrama Haji Sukolilo di Surabaya pada 16 Juni 2022 mendatang. Sehari setelahnya, 17 Juni 2022, mereka akan langsung diterbangkan ke Madinah karena rombongan ini masuk dalam pemberangkatan gelombang pertama.

Imam Turmudi memastikan jika seluruh jemaah haji Kota Batu sudah 100 persen siap menjalani semua rangkaian ibadah haji. Mengingat, mereka semua sudah digembleng tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji mulai dari teori hingga praktek melalui kegiatan latihan manasik haji.

Terkait adanya pembatasan usia jemaah haji di atas 65 tahun yang belum diizinkan berangkat haji tahun ini, menurut Imam, jumlah antreannya cukup banyak. Pemberangkatan mereka pun masih menunggu kebijakan terbaru dari pemerintah, tahun depan.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menetapkan kuota haji sebanyak 1 juta jemaah untuk tahun 2022. Sebanyak 85 persen dari kuota itu dialokasikan untuk jemaah haji internasional, dan 15 persen sisanya untuk jemaah haji domestik Arab Saudi. Khusus Indonesia mendapatkan kuota 100.051.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X