Mudahkan Masyarakat Beramal, Dompet Dhuafa Gandeng BRI Syariah

- Jumat, 15 November 2019 | 08:55 WIB
Penandatanganan kerja sama Dompet Dhuafa - BRI Syariah. (Dompet Dhuafa)
Penandatanganan kerja sama Dompet Dhuafa - BRI Syariah. (Dompet Dhuafa)

Dompet Dhuafa menggandeng BRI Syariah untuk menyediakan jasa layanan perbankan, guna memudahkan pemberi zakat dalam beramal. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman, Kamis (14/11).

"Penandatanganan ini langkah awal untuk memperkaya fitur dari platform yang sudah dimiliki Dompet Dhuafa, yaitu aplikasi MUMU (Muzaki dan Mustahiq) dengan BRI Syariah ini, antara lain memanfaatkan fasilitas yang ada di BRI Syariah (aplikasi Laku Pandai). Jadi di sana bisa lakukan beberapa kegiatan yang sifatnya kecil dan ringan, sekaligus bisa mendonor (zakat) bagi Muzaki," ujar Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika Nasyith Majidi. 

Aplikasi Laku Pandai milik BRI Syariah sendiri merupakan platform yang dibangun oleh PT Duta Danadyaksa Technology atau DD Tekno. Nantinya, di dalam aplikasi tersebut memiliki pilihan bagi penggunanya, jika ingin melakukan donor atau berzakat bagi Mustahiq, yang tentunya dengan difasilitasi Dompet Dhuafa. 

"Jadi Dompet Dhuafa membentuk unit usaha namanya DD Tekno yang akan membangun transformasi digital Dompet Dhuafa yang konvensional kepada digital. DD Tekno ini membangun e-money sebagai crowd funding, tetapi juga sekaligus menjadi digital syariah nantinya," ujar Direktur Utama PT Duta Danadiaksa Teknologi (DD Tecno) Iskandar Syamsi. 

-
(Dompet Dhuafa)

 

DD Tekno sendiri bertugas untuk mendukung organisasi Dompet Dhuafa bertransformasi dalam memasuki era digital. Menurut Iskandar, DD Tekno membangun aplikasi inklusi keuangan untuk digital lifestyle syariah seperti MUMU (Muzaki dan Mustahiq) sebagai jembatan antara transparansi dari donatur yang mengirim uang kepada penerima manfaat dari uang donor atau zakat tersebut. 

"Jadi antara transparansi dari Muzaki yang mengirim uang kepada Mustahiq itu terlihat. Dari yang mengirim donasi hingga yang menerima donasi itu tercatat. Insyaallah terjadi transparansi yang sifatnya online, real-time, tepat sasaran, ini yang kita harapkan," kata Iskandar. 

Selain itu, aplikasi Laku Pandai ini juga diharapkan membantu penduduk Indonesia sebanyak 50 juta orang yang belum punya rekening perbankan agar bisa mengakses layanan.

"Dan Dompet Dhuafa sendiri kan mempunyai 200 kantor cabang dan Perwakilan di 34 provisi yang akan kita jadikan mitra. Dompet Dhuafa tidak hanya menerima donasi tetapi bisa menjadi basis bankingnya BRI Syariah melalui Laku Pandai. Kita harapkan  suatu saat nanti akan menjadi penyaluran bantuan donasi melalui Laku Pandai agar tepat sasaran, traansparan, akuntabilitas yang tinggi," pungkasnya. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X