Gubernur Sumbar: SMK Harus Sesuaikan Kurikulum Dengan Kebutuhan Dunia Kerja

- Minggu, 27 Juni 2021 | 19:50 WIB
 Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA /HO-Dokumentasi Adpim Sumbar)
Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA /HO-Dokumentasi Adpim Sumbar)

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyatakan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus bisa menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja. Hal tersebut dilakuakn agar lulusannya tidak menjadi penyumbang angka pengangguran.

"Kondisi saat ini, lulusan SMK lebih banyak yang jadi pengangguran dari pada lulusan SMA. Ini aneh karena lulusan SMK seharusnya sudah punya kompetensi untuk masuk dunia kerja," katanya saat menghadiri Kongres IV Himpunan Alumni Sekolah Teknologi dan Analis (HASTA) di Padang, Minggu (27/06), seperti dilansir Antara.

Gubernur menilai pada satu sisi, SMK sebenarnya punya kelebihan dari SMA. Tamatan SMK selain memiliki kompetensi untuk bisa segera terjun ke dunia kerja, juga memiliki opsi untuk meneruskan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi.

"Dalam pertemuan di sebuah kampus di Australia saya pernah bertemu lulusan SMK yang sedang mengambil program doktoral. Artinya, tamatan SMK tetap punya opsi untuk melanjutkan pendidikan," ujarnya.

Ia menilai bahwa saat ini ada beberapa SMK yang memiliki keunggulan diantaranya Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) dan Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI).

Dua SMK itu mempunyai persentase lulusan yang diterima dunia kerja mendekati 100 persen.

Ia menilai bahwa dua sekolah itu bisa jadi salah satu percontohan untuk SMK lain di Sumbar untuk bisa menghasilkan lulusan yang benar-benar bisa diserap oleh dunia kerja sehingga mengurangi angka pengangguran sekaligus angka kemiskinan.

Selain kurikulum, faktor lain yang bisa meningkatkan jumlah serapan lulusan SMK dalam dunia kerja adalah peran alumni. Perhatian alumni pada siswa yang baru lulus atau bantuan fasilitas untuk sekolah akan sangat membantu karena itu pihak sekolah harus aktif menjalin komunikasi dengan para alumni.

Sementara itu, Ketua Umum HASTA Sumbar H. Jamaris, ST mengatakan eksistensi pendidikan teknologi dan analis terus meningkat seiring perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi dan analisa termasuk di dunia pendidikan.

Fenomena seperti ini menjadi tugas dan pekerjaan rumah yang besar bagi HASTA untuk melakukan inovasi dalam teknologi dan bisa memberikan kontribusi bagi Sumbar.

HASTA adalah himpunan alumni yang mewadahi dua sekolah menjadi satu kesatuan yaitu SMK SMAK Padang dan SMTI Padang.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X