Prabowo Siap Nyalon Lagi, PKB Mulai Kirim 'Kode' ke Gerindra

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:37 WIB
Muhaimin atau Cak Imin, Ketum PKB. (Instagram/@sahabatcakimin), Prabowo Subianto. (ANTARA/Aditya Pradana Putra).
Muhaimin atau Cak Imin, Ketum PKB. (Instagram/@sahabatcakimin), Prabowo Subianto. (ANTARA/Aditya Pradana Putra).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik kemungkinan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. PKB pun membuka peluang untuk menjalin koalisi dengan Partai Gerindra agar bisa sama-sama mengusung Ketua Umumnya sebagai pasangan Calon Presidan dan Calon Wakil Presiden.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, kepastian bakal majunya kembali ketua umum Partai Gerindra itu sebagai capres kembali membuat arah politik semakin terpetakan.

"PKB senang kalau Pak Prabowo nyapres lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu,” kata Jazilul kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Jazilul berujar bukan hal yang mustahil PKB untuk menjalin koalisi dengan Partai Gerindra. Namun terlebih dahulu menyusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat saat ini

"Terbuka koalisi PKB dengan Gerindra, namun pelan-pelan harus disusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat,” beber dia.

Mengenai wacana mengusung Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar sebagai capres 2024 mendatang, Gus Jazil--sapaan akrab Jazilul--mengakui bahwa memang benar ada keinginan dari para kader dan pengurus DPC maupun DPW PKB. Namun, secara kebijakan partai belum ada keputusan final. Sebab, PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Baca Juga: Jalan Trans Palu-Kulawi Putus Akibat Longsor, Ini Foto-fotonya

Karena itu, PKB membuka semua kemungkinan untuk berkomunikasi dengan parpol lain, termasuk nantinya untuk membicarakan agar terbentuk koalisi dengan Partai Gerindra agar memasangkan Muhaimin-Prabowo Subianto atau mungkin Prabowo-Muhaimin.

”Pasangan Muhaimin–Prabowo mungkin atau Prabowo–Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat,” tutur Wakil Ketua MPR RI ini.

Gus Jazil menegaskan bahwa PKB sebagai partai yang moderat bisa membuka komunikasi dengan parpol manapun. Diakuinya sekarang PKB terus menjalin koalisi dengan parpol lainnya.

"Selama ini kami juga terus menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lain. Dan PKB cukup bisa diterima dengan baik, bahkan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan,” urainya.

Sebelumnya diketahui Ketum Gerindra, Prabowo Subianto hampir dipastikan akan maju dalam Pilpres 2024. Hal ini diungkapkan oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insyaallah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud,” kata Muzani dalam Rakorda DPD Gerindra Sulsel, Minggu (10/10/2021).

“Dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi Insyaallah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024," lanjut Wakil Ketua MPR tersebut.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X