CEK FAKTA: BNI Minta Bukti Pembayaran Tiket Pesawat & Penginapan Sebagai Syarat Rekrutmen

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:15 WIB
Cek fakta syarat rekrutmen BNI. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras)
Cek fakta syarat rekrutmen BNI. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras)

Baru-baru ini beredar sebuah informasi di media sosial mengenai rekrutmen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Informasi itu berupa surat berisikan lowongan kerja yang dikirim ke email penerima. Dalam surat tersebut tertulis, dikeluarkan pada 9 Desember 2021. 

Isinya menerangkan bahwa setiap peserta yang dinyatakan lulus dan menerima email tersebut diimbau untuk mengikuti tes pada 13 sampai 15 Desember 2021. Namun, ada beberapa hal yang mencurigakan dari isi surat tersebut.

Peserta harus mencantumkan bukti pembayaran tiket pesawat dan penginapan

-
Tangkapan layar hoaks tentang rekrutmen BNI dengan syarat pembayaran tiket pesawat dan penginapan (BNI)

Dalam persyaratan yang tertera di surat tersebut, para peserta diwajibkan untuk membawa kartu tes interview dan bukti pembayaran tiket dari Angkasa Pura Airport.

"A. Membawa kartu peserta tes interview dan bukti pembayaran tiket dari Angkasa Pura Airports," tulis keterangan dalam surat tersebut, seperti dilansir Antara, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga: Kode Bank BNI untuk Transfer di Seluruh Indonesia

Biaya tiket dan penginapan akan diganti panitia 

-
Tangkapan layar hoaks tentang rekrutmen BNI dengan syarat pembayaran tiket pesawat dan penginapan (BNI)

Selain itu, dalam keterangan lainnya tertulis beberapa poin dimana para peserta yang berasal dari luar Kota Jakarta diminta untuk membayar dulu biaya tiket dan penginapan. Biaya tersebut akan diganti pihak panitia setelah peserta sudah berada di tempat tes yang telah ditentukan.

"Syarat dan ketentuan registrasi peserta mengikuti seleksi: Seluruh tahapan proses seleksi ini semua biaya peserta akan dapat penggantian dana. Bagi peserta yang berasal dari luar kota, registrasi pengambilan kartu peserta dilakukan bersamaan dengan registrasi tiket transportasi dengan melakukan konfirmasi paling lambat hari ini dengan menghubungi Panitia Angkasa Pura di Jakarta," tulis keterangan dalam surat tersebut.

-
Tangkapan layar hoaks tentang rekrutmen BNI dengan syarat pembayaran tiket pesawat dan penginapan (BNI)

Lantas, benarkan BNI membuka rekrutmen dengan syarat pembayaran tiket pesawat dan penginapan?

Fakta sebenarnya

Corporate Secretary BNI, Mucharom menegaskan bahwa surat berisi keterangan rekrutmen karyawan BNI dengan syarat pembayaran tiket pesawat dan penginapan tersebut adalah hoaks.

Surat rekrutmen yang dikirim ke email para peserta itu tak lain adalah penipuan.

"Kami menegaskan bahwa BNI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai," kata Mucharom. 

Mucharom juga menambahkan, proses seleksi karyawan BNI dilakukan secara terbuka dan hanya melalui situs resmi korporat, yaitu https://recruitment.bni.co.id/.

Selain itu, pelamar yang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap selanjutnya, akan tetap dihubungi dan diundang secara resmi oleh BNI melalui email resmi talentsearch@bni.co.id.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X