ICW Bongkar Fakta Mengejutkan Dibalik Penyedia Heli Firli Bahuri, Ternyata Begini

- Kamis, 3 Juni 2021 | 19:24 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Ketua KPK Firli Bahuri. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Indonesia Corruption Watch (ICW) membeberkan satu fakta terkait pihak penyedia penyewaan helikopter Ketua KPK Firli Bahuri. Ternyata, salah satu komisaris di tempat penyewaan heli tersebut pernah menjadi saksi dalam kasus dugaan suap eks Bupati Kabupaten Bekasi Neneng Hasanah Yasin.

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Divisi Investigasi ICW Wana Alamsyah. Wana menyebut pihaknya sempat menginvestigasi lebih jauh terkait penyedia jasa penyewaan helikopter yakni PT Air Pasifik Utama (APU).

"Ketika kami telusuri lelih lanjut dan kami lakukan investigasi, bahwa salah satu komisaris yang ada di dalam perusahaan PT Air Pasific Utama pernah dipanggil menjadi saksi dalam kasusnya Bupati Bekasi Neneng terkait dugaan suap pemberian izin di Meikarta," kata Wana kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Lebih jauh Wana menyebut sebetulnya ada sembilan tempat penyewaan helikopter yang bisa dipilih oleh Firli. Lalu, ICW pun mempertanyakan alasan Firli memilih PT APU.

"Kami mengidentifikasi setidaknya ada sembilan perusahaan jasa helikopter yang sebenarnya jika kita lihat itu berpeluang untuk di sewa, tapi kemudian mengapa PT APU ini yang menjadikan salah satu penyedia disewa oleh Firli Bahuri," beber Wana.

Seperti diketahui, ICW siang tadi mendatangi Bareskrim Polri. Kedatangannya untuk memberikan informasi ataupun aduan terkait kecurigaan ICW terhadap Ketua KPK Firli Bahuri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X