Banyak Calon Potensial, PAN Harap Pilpres 2024 Tak Hanya 2 Pasangan Calon

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 10:21 WIB
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. (Instagram/@eddy_soeparno)
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. (Instagram/@eddy_soeparno)

Partai Amanat Nasional (PAN) mengharapkan agar Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dapat diikuti oleh lebih dari dua pasangan calon. Sekertaris Jendral PAN Eddy Soeparno mengungkapkan, alangkah baiknya masyarakakat disediakan banyak alternatif pasangan calon presiden (capres) di ajang pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Jadi saya kira banyak calon-calon yang bisa kita ajukan dan tentu di era demokrasi memberikan pilihan atau alternatif lebih banyak kepada masyarakat tentu lebih bagus," ungkap Eddy kepada wartawan, Sabtu (5/6/2021).

Politisi PAN ini ingin pada Pilpres 2024 mendatang dapat dihadirkan calon kepala negara yang diisi oleh generasi muda. Sebagaimana yang nampak dalam hasil survei belakangan ada nama berpotensi untuk maju seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno hingga Erick Thohir.

"Terjadi alih generasi kepemimpinan dan calon pemimpin muda ini lumayan banyak orang yang berpotensi untuk maju, untuk tampil. Yang berdasarkan survei itu ada Ganjar, ada Anies, Ridwan Kamil, Sandi, khofifah terus ada juga Erick Thohir saya kira banyak lah," beber Eddy.

Lebih jauh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menekankan dengan banyaknya calon pasangan yang dijajakan dalam kontestasi Pilpres tersebut akan menguras energi. Namun demikian, Pilpres dengan dua putaran dianggap merupakan konsekuensi pesta demokrasi.

"Saya kira inilah konsekuensi dari pelaksanaan Pemilu, Pilkada dan Pilpres yang kita canangkan semuanya di 2024. Menurut saya ini membutuhkan persiapan yang matang, dan kalau memang masih memungkinkan kita perlu mengupayakan proses penyederhaan proses," pungkas Eddy.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X