Umrah untuk Jemaah Indonesia Dibuka, Pemerintah Langsung Lakukan Koordinasi

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 17:40 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Instagram/retno_marsudi)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Instagram/retno_marsudi)

Kerajaan Arab Saudi kembali membuka pintu pelaksanaan umrah untuk jemaah Indonesia. Terkait hal tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan pemerintah langsung melakukan koordinasi.

Retno mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia untuk menyikapi keputusan itu.

"Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama," terangnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (9/10/2021).

Diketahui, pembukaan kembali pintu umrah bagi jemaah Indonesia tersebut telah diputuskan melalui nota diplomatik yang dikeluarkan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta per 8 Oktober 2021.

Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Arab Saudi perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia," terangnya.

Namun hingga saat ini, keputusan tersebut masih harus melalui sejumlah proses. Menurut Retno, pihak Pemerintah Arab Saudi tengah mengatur skema untuk mencari solusi dari hambatan-hambatan yang ada.

BACA JUGA: Pemerintah Umumkan Arab Saudi Resmi Buka Kembali Umrah untuk Jemaah Indonesia

"Komite khusus di kerajaan Arab Saudi sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibdah umrah," tandas Retno.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X