Anies Disebut Rela Berutang Demi Formula E dan Batalkan Anggaran Normalisasi Sungai

- Senin, 8 November 2021 | 11:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih mementingkan Formula E, daripada menangani masalah banjir di ibu kota.

Hal tersebut diungkapkan dikarenakan Anies disebut membatalkan anggaran untuk melakukan normalisasi sungai, dan justru meminjam uang kepada Bank DKI senilai Rp180 miliar untuk menalangi pembiayaan commitment fee Formula E.

Padahal disaat yang bersamaan, Anggara mengungkapkan, anggaran untuk normalisasi sungai yang jumlahnya lebih kecil, yakni Rp160 miliar dibatalkan oleh Pemprov DKI dengan alasan defisit anggaran.

"Ini menunjukkan bahwa Pak Gubernur Anies lebih mementingkan acara balap mobil dibandingkan mengatasi banjir,” ucap Anggara dalam keterangannya, Senin (8/11/2021).

Anggara menerangkan, pada akhir 2019 Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta sudah siap membayar Rp160 miliar untuk pembebasan 118 bidang tanah di bantaran Sungai Ciliwung yang berlokasi di Kelurahan Pejaten Timur, Tanjung Barat, Cililitan, dan Balekambang.

Baca juga: Terungkap! Anies Beri Kuasa ke Dispora DKI Pinjam Uang Rp180 M untuk Talangi Formula E

"Baru kali ini ada gubernur bela-belain utang demi mengadakan acara balapan mobil, bukan untuk hal yang mendesak seperti membayar gaji pegawai atau mengatasi bencana banjir,” tambahnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Anies memberikan surat kuasa kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora), Achmad Firdaus untuk meminjam uang commitment fee Formula E pada Agustus 2019.

Peminjaman tersebut dilakukan ke Bank DKI dengan Surat Kuasa Nomor 747/-072.26 tertanggal 21 Agustus 2019 tentang tentang Permohonan Pinjaman Daerah dari Pemprov DKI kepada PT Bank DKI Dalam Rangka Penyelenggaraan Formula Electric Championship.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X