PM Haiti Jadi Target Percobaan Pembunuhan Kelompok Bersenjata

- Selasa, 4 Januari 2022 | 09:37 WIB
PM Haiti Ariel Henry. (REUTERS/Ralph Tedy Erol)
PM Haiti Ariel Henry. (REUTERS/Ralph Tedy Erol)

Perdana Menteri (PM) Haiti menjadi target percobaan pembunuhan oleh kelompok bersenjata pada Sabtu (1/1/2021). Insiden terjadi saat peringatan hari kemerdekaan negara di Kepulauan Karibia tersebut.

Orang-orang bersenjata mencoba membunuh PM Ariel Henry saat mengunjungi sebuah gereja untuk merayakan hari kemerdekaan Haiti.

Laporan Reuters, yang mengutip kantor Perdana Menteri, menjelaskan bahwa "para bandit dan teroris" mencoba menembak perdana menteri di sebuah gereja di kota utara Gonaives.

Baca juga: Minta Kebijakan PTM 100% Dievaluasi, Ketua DPR: Lengkapi Vaksinasi Terlebih Dahulu

Saat itu, Haiti dan PM Henry sedang merayakan hari kemerdekaan yang ke-218 tahun.

Rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan rombongan PM Henry sedang menuju gereja. Saat itulah kelompok bersenjata melakukan serangan.

Pers lokal melaporkan bahwa satu orang tewas dan dua lainnya terluka dalam penembakan. Namun, belum dikonfirmasi kepolisian setempat.

Sebelumnya, Haiti masuk dalam kekacauan politik setelah Presiden Jovenel Moise tewas pada Juli karena serangan kelompok bersenjata.

Henry diangkat sebagai perdana menteri tak lama setelah itu, dan negara tersebut belum menetapkan tanggal untuk memilih pengganti Moise.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X