Perantau Berkendaraan Luar Sumatera Barat yang Masuk ke Tanah Datar Wajib Tes Antigen

- Kamis, 6 Mei 2021 | 16:31 WIB
Seorang lansia diperiksa sebelum vaksin, di Masjid Raya Sumatera Barat di Padang, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA/Iggoy El Fitra)
Seorang lansia diperiksa sebelum vaksin, di Masjid Raya Sumatera Barat di Padang, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA/Iggoy El Fitra)

Para perantau dengan kendaraan bernomor polisi luar Sumatera Barat wajib melakukan tes usap antigen sebelum memasuki wilayah Kabupaten Tanah Datar.

"Artinya kendaraan yang masuk ke wilayah Tanah Datar selain serinya Sumatera Barat atau BA wajib melakukan rapid test antigen walapun yang bersangkutan sudah ada yang memiliki surat keterangan telah di-rapid test," kata Bupati Tanah Datar, Eka Putra di Batusangkar, Kamis (6/5/2021).

Hal itu dilakukan untuk memutus penyebaran virus COVID-19 yang mana saat ini memang terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif. Ia mengatakan tes usap antigen tersebut bisa dilakukan oleh para perantau di perbatasan daerah itu tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Kita siapkan rapid tes antigen untuk perantau, semuanya wajib dites dan itu gratis tanpa diminta biaya. Tujuannya para perantau sebelum bertemu keluarga tidak dalam keadaan positif COVID-19," ujar Eka Putra.

Terkait perantau yang telah berada di kampung halaman, ia meminta gugus tugas agar mengaktifkan kembali posko COVID-19 yang ada di tiap nagari dan melaporkan pelaku perjalanan ke tim gugus tugas kabupaten.

Kita minta posko COVID-19 di nagari diaktifkan kembali dan melaporkan hasilnya setiap hari ke gugus tugas kabupaten," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tanah Datar, Abrar mengatakan dalam antisipasi lonjakan virus COVID-19 di wilayah itu pemerintah kabupaten menyiapkan pos keamanan yang tersebar di beberapa titik.

Yakni di Tanjung Godang Lintau Buo Utara berbatasan dengan Limapuluh Kota, Setangkai berbatasan dengan Sijunjung, Ombilin berbatasan dengan Kabupaten Solok, Kubu Karambia berbatasan dengan Padang Panjang, dan Simpang Baso berbatasan dengan wilayah Agam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X