Sekjen PAN Setujui Harga Pertamax Naik, Asal...

- Kamis, 31 Maret 2022 | 09:26 WIB
Ket Foto: Karyawan melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) kendaraan konsumen. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Ket Foto: Karyawan melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) kendaraan konsumen. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dikabarkan bakal mengalami kenaikan. Mengenai hal tersebut Sekjen Partai Amanan Nasional yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengatakan pihaknya mendukung agar harga BBM Pertamax naik, asal disesuaikan dengan harga keekonomian.

"Jadi kami pada prinsipnya mendukung agar harga Pertamax disesuaikan harganya, karena memang ini bagian dari BBM dikonsumsi mastyarakat yang lebih mampu," kata Eddy saat dihubungi Indozone, Kamis (31/3/2022).

Eddy menjelaskan apabila Pertamax adalah BBM yang penugasan non subsidi, dan kebanyakan dikonsumsi masyarakat kalangan mampu. Agar Pertamina tidak mengalami kerugian maka harga Pertamax bisa dinaikan namun dengan mengikuti harga pasar.

Terlebih kata Eddy, Pertamina selama ini telah memberikan jarak yang lebar antara harga produksi dengan harga jual BBM Pertamax. Dengan adanya jarak itu maka selayaknya Pertamina melakukan penyesuain harga.

Baca Juga: Anggap Bukan Sesuatu yang Haram, Bahlil Sebut Penundaan Pemilu Baik untuk Investasi

"Namun karena beban sudah sangat besar dan sangat layak jika memang dilakukan penyesuaian sesuai dengan harga keekonomian," tegas Sekjen PAN ini.

Sebelumnya  Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, tingginya harga minyak dunia sangat berpengaruh terhadap harga BBM. Sebagai informasi bahwa batas atas harga jual jenis BBM umum RON 92 untuk bulan Maret 2022 sebesar Rp14.526 per liter.

Harga tersebut merupakan cerminan dari harga keekonomian BBM RON 92 berdasarkan formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM Umum.

Adapun dalam menghitung harga keekonomian atau batas atas bulan Maret tersebut, mempertimbangkan realisasi perkembangan harga bulan sebelumnya, yaitu Februari. Padahal bulan Februari 2022, harga minyak belum setinggi bulan Maret 2022, namun bisa saja harga pertamax menjadi Rp16.000 per liter.

"Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp 16.000 per liter," kata Agung dalam siaran persnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X