Garda Revolusi Gagalkan Upaya Kapal Perang AS Rampok Minyak Iran

- Kamis, 4 November 2021 | 16:17 WIB
Angkatan Laut Iran./Parstoday
Angkatan Laut Iran./Parstoday

Garda Revolusi Iran (Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC) berhasil menggagalkan upaya kapal perang Amerika Serikat (AS) untuk merampok minyak mentah yang dibawa kapal tanker berbendera Iran. Garda Revolusi juga membantu kapal tanker tersebut untuk kembali ke wilayah Iran. 

Insiden tersebut terekam video yang dipublikasikan Sputniknews, Rabu (4/11/2021) dari lembaga penyiaran Iran, Islamic Republic of Iran Broadcasting (IRIB). Dalam video tersebut terlihat beberapa spead boat dengan sejumlah personel militer bersenjata menuju dua kapal. Salah satunya diduga merupakan kapal penjelajah rudal milik AS.

Media Iran melaporkan, militer AS sempat melakukan perlawanan dalam insiden yang terjadi di Laut Oman. Helikopter dan kapal perang AS berupaya menghalangi kapal tanker Iran yang berlalu dengan pengawalan prajurit IRGC.

Namun demikian, kapal tanker tersebut berhasil kembali ke teritorial Iran dengan selamat. Selain minyak mentah yang dibawa, para awak kapal pun berhasil diselamatkan dari upaya pembajakan tersebut.

Sputniknews menyebut seorang pejabat AS telah membantah laporan yang dirilis media Iran tersebut. Namun keberadaan video tersebut justru menjadi bukti terjadinya insiden yang tak jelas kapan waktunya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X