Ini Kata Sandiaga Uno Soal Kebijakan PCR yang Terus Berganti

- Jumat, 5 November 2021 | 12:35 WIB
Sandiaga Uno. (Foto/Instagram/sandiuno)
Sandiaga Uno. (Foto/Instagram/sandiuno)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno buka suara soal berubahnya kebijakan tes PCR bagi penumpang pesawat di wilayah Jawa-Bali dan daerah dengan PPKM Level 3 dan 4.

Seperti diketahui, pemerintah awalnya menerapkan kebijakan tes PCR bagi penumpang pesawat. Namun, kebijakan itu lalu berganti menjadi hanya diwajibkan pakai antigen saja.

Sandi mengatakan, kewajiban tes PCR sempat diberlakukan karena Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa Covid-19 di Indonesia terus menurun. Semua kebijakan diterapkan juga telah didasari dengan pertimbangan matang.

"Ini karena kita beradaptasi. Kita semuanya mengoperasikan berdasarkan data dan kita benar-benar fokus pada sains. Jadi misalnya kemarin Presiden minta agar tidak ada pemicu peningkatan kasus COVID-19. Berarti kita masukin dulu tes PCR dan kita lihat stabil," kata Sandi di akun Instagram pribadinya, Jumat (5/11).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

Syarat tes PCR yang awalnya diterapkan, kini diganti dengan antigen. Hal itu pun diberlakukan seiring dengan kasus Covid-19 yang tak alami kenaikan.

"Setelah kita review, epidemiologist bilang oke kalau seperti ini angkanya bisa di bawah 500, boleh ganti antigen. Tapi kita lihat, seminggu lagi bagaimana. Karena PCR kan mahal, kalau diturunin ke antigen ternyata sekarang mendapat respons yang baik. Karantina tadinya 8 hari turun hari ini jadi 3 hari," ujar Sandi.

Walau begitu, pemerintah akan terus melihat perkembangan situasi karena perubahan dapat terjadi sewaktu-waktu. Karenanya, mau tak mau pemerintah harus terus beradaptasi dengan konsekuensi kebijakan juga dapat berubah kapanpun.

"Jadi dengan begitu, kita harus terbiasa ini adalah era VUCA. Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity. Oleh karena itu pemerintah kita juga harus cepat adaptasi. Jadi kalau sekarang saya lihat 'gimana sih ganti-ganti loh', selama itu untuk kebaikan kita bersama, saya rela melakukan sesuatu yang mungkin tidak disukai orang dan support," katanya.

"Saya sudah berkali-kali bilang bahwa kita tidak punya kepentingan lainnya selain untuk memastikan kesehatan dan keselamatan kalian, itu adalah prioritas," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X