Bertemu PM Palestina, Jokowi Selalu Usulkan Pembentukan Misi Internasional di Yerusalem

- Selasa, 2 November 2021 | 12:46 WIB
Jokowi bertemu PM Palestina (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi bertemu PM Palestina (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan Palestina menjadi negara yang merdeka, berdaulat penuh, dan dapat menentukan nasibnya sendiri dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negaranya.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, pada Senin, 1 November 2021.

“Palestina selalu menjadi perhatian penting bagi Indonesia,” ucap  Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Selasa, (2/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan sejumlah hal yang menjadi perhatian Indonesia terkait Palestina. Pertama, Indonesia sangat prihatin dan mengecam berbagai pelanggaran yang terus dilakukan Israel.

Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan pembentukan misi internasional sebagai mata dan telinga bagi dunia atas berbagai insiden yang terjadi di Jerusalem.

“Indonesia dalam berbagai kesempatan mengusulkan pembentukan misi internasional di Yerusalem untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga di wilayah pendudukan dan terjaganya status Yerusalem sebagai kota suci untuk tiga agama,” ungkapnya.

Baca Juga: Putin Sebut Persaingan Bisnis Vaksin Tak Sehat, Ini 5 Merek Vaksin yang Mendominasi Pasar

"Saya pastikan bahwa Indonesia tetap dan terus mendukung perjuangan Palestina di berbagai forum Internasional seperti PBB, OKI dan GNB,” tambah Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, turut mendampingi Presiden adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Inggris, merangkap Irlandia dan International Maritime Organization Desra Percaya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X