The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Simak! Tips Dari Polda Metro Agar Terhindar Dari Praktik Skimming ATM
Konferensi pers sindikat skiming ATM jaringan internasional di Polda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
News

Simak! Tips Dari Polda Metro Agar Terhindar Dari Praktik Skimming ATM

Ada berbagai cara agar terhindar dari aksi kejahatan ini

Rabu, 15 September 2021 20:22 WIB 15 September 2021, 20:22 WIB

INDOZONE.ID - Polda Metro Jaya memberikan tips-tips kepada masyarakat agar terhindar dari pelaku kejahatan dengan modus skimming di mesin ATM. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari aksi kejahatan ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut tips yang pertama dengan rutin mengganti PIN atau pasword kartu ATM. Penggantian PIN ATM disebut Yusri minimal dilakukan paling lama satu bulan satu kali.

"Tolong di cek betul, diganti secara berkala PIN," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Langkah selanjutnya dengan cara mengganti kartu ATM. Polisi menyarankan agar para nasabah mengganti kartu ATM menggunakan cip.

"Masyarakat yang punya card belum ada cipnya, tolong diganti dengan ATM terbaru yang ada cipnya karena ini agak sulit untuk di cloning oleh para pelaku," beber Yusri.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis meminta masyarakat agar waspada terhadap mesin ATM. Masyarakat agar lebih waspada dan memperhatikan keyboard mesin ATM yang hendak dipakai sebelum digunakan.

"Saya imbau warga masyarakat pertama, bisa kita lihat pasti mereka mengganti keyboardnya itu kalau kita jeli kelihatan berbeda dengan keyboard di mesin ATM tapi menyerupai," pungkas Aulia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US