Warga Jakarta Tak Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin, tapi...

- Kamis, 26 Desember 2019 | 10:58 WIB
Ilustrasi gerhana matahari. (pexels.com)
Ilustrasi gerhana matahari. (pexels.com)

Gerhana matahari akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Namun, warga Ibu Kota tak akan melihat gerhana Matahari cincin. 

Pasalnya, khusus di Jakarta, gerhana matahari hanya terjadi kurang lebih 75 persen. Hal ini diungkapkan Cecep Nurwendaya, Anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama

Dia menjelaskan, warga Jakarta hanya bisa melihat gerhana matahari parsial atau sebagian. Untuk waktunya, sudah bisa mulai menikmati gerhana matahari pada pukul 10.45.52. Sementara pada 12.36.18, gerhana matahari parsial sudah bisa dilihat. 

-
Cecep Nurwendaya, Anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama (Indozone.id/Nani Suherni)

 

"Di Jakarta gerhana matahari hanya terlihat seperti sabit bukan gerhana cincin, atau disebut gerhana matahari parsial atau sebagian," ujarnya dalam konferensi pers gerhana matahari cincin di Planetarium Jakarta, Kamis (26/12).

Cecep mengatakan, gerhana matahari di Jakarta akan berakhir oada pukul 14.23.10. Nantinya, jika matahari bersinar terang, bayangannya di Jakarta juga akan terlihat seperti sabit. Hal itu akan terlihat jelas jika sahabat Indozone menggunakan barang-barang yang berlubang.

"Ini akan terlihat jelas nanti pas ada bayangan, dari lubang kecil atau dari pohon itu pasti kelihatan," tegasnya.

Seperti diketahui, gerhana matahari cincin pada tanggal 26 Desember 2019 akan terjadi di 25 titik. Namun, tutur Cecep,  gerhana matahari cincin paling maksimal akan terjadi di Siak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X