Antrian Tiket Hingga 1 Jam di Pelabuhan Merak, Menhub 'Sentil' ASDP 

- Rabu, 25 Desember 2019 | 10:45 WIB
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten. (Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten. (Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT ASDP untuk mengevaluasi ticketing system di Pelabuhan Merak, Banten. Dia ingin sistem penjualan tiket di pelabuhan tersebut lebih optimal saat terjadi lonjakan penumang dan kendaraan.

Hal ini tak lepas dari antrean panjang yang terjadi di Pelabuhan Merak saat melonjaknya penumpang karena libur Natal dan Tahun Baru. Bahkan kabarnya, ada antrean tiket hingga satu jam di Pelabuhan Merak. 

"ASDP memang telah menyiapkan vending machine (mesin tiket), menyiapkan kapal, tapi ada sedikit catatan tentang adanya antrian hingga 1 jam, itu harus di evaluasi," kata Budi Karya saat melakukan peninjauan ke Pelabuhan Merak, Selasa (24/12). 

"Untuk itu perlu disiapkan suatu mekanisme tiket yang lebih cepat," tambahnya. 

Selain itu, Menhub Budi Karya juga meminta agar jumlah gate diperbanyak untuk mengurai antrian. Jika memang dibutuhkan, lanjutnya, sediakan area parkir.

-
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (24/12). (Antara/Asep Fathulrahman)

"Kita sediakan minum dan sebagainya," tegasnya. 

Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni menjadi salah satu perhatian dari Menhub di saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, jumlah penumpang dan kendaraan diprediksi melonjak tajam karena telah jalan tol dari Bakauheni sampai Palembang sudah bisa digunakan. 

"Kami minta ASDP dan Korlantas Polri tetap bersiaga dan menyiapkan rekayasa lalin dengan baik untuk mengurangi kepadatan dan antrian khususnya saat terjadi lonjakan penumpang yang diprediksi terjadi pada malam tahun baru nanti," tuturnya. 

Meski demikian, Menhub Budi Karya memberikan  apresisi kepada seluruh pihak terkait persiapan. Dia menilai koordinasi sudah dilakukan dengan sangat baik, khususnya di Pelabuhan Merak - Bakauheni.

"Secara umum kami merasa apa yang disiapkan oleh polisi, ASDP, Wali Kota, Basarnas, dan PUPR ini baik ya. Bahkan saya bisa sampaikan ini baik sekali. Oleh karenanya kami minta pelayanan ini harus dilakukan secara konsisten dan kompak," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X