Tantangan Berat Global Menanti Jokowi, Ketua MPR: Kita Pikul Bersama

- Minggu, 20 Oktober 2019 | 19:11 WIB
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pimpinan MPR menyerukan kepada Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin untuk bersiap menghadapi tantangan global di masa mendatang.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai Indonesia akan menghadapi tantangan yang tidak ringan. Dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global. 

Jika tidak siap dan waspada, lanjut pria yang akrab disapa Bamsoet itu, Indonesia dapat tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal batas dan waktu. 

Berbaurnya ancaman militer dan nonmiliter mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi. 

-
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Antara/Sigid Kurniawan)

Dia juga menilai ekonomi dunia sedang mengalami ketidakpastian. Bamsoet mengatakan persaingan semakin tajam, perang dagang semakin memanas.

Kemudahan arus informasi dan komunikasi juga membawa ancaman tersendiri untuk Jokowi dalam menjaga ideologi Pancasila. 

Namun, sambung politikus Golkar itu, seberat apapun tantangan dihadapi, akan terasa ringan jika dipikul bersama. Bangsa Indonesia harus punya rasa optimistis yang tinggi. 

"Memiliki kesadaran dan komitmen seluruh komponen bangsa untuk memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, saling bahu membahu, bergotong royong, ringan sama dijinjing berat sama dipikul," kata Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X