BREAKING NEWS: Hilal Terlihat, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1442 H Selasa 13 April

- Senin, 12 April 2021 | 19:11 WIB
Pemantauan hilal atau rukyatul hilal tersebut dilaksanakan untuk menetapkan awal I Ramadhan 1442 H. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha).
Pemantauan hilal atau rukyatul hilal tersebut dilaksanakan untuk menetapkan awal I Ramadhan 1442 H. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha).

Pemerintah resmi menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriah pada besok, Selasa (13/4/2021). Hal tersebut disepakati usai terlebih dahulu pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) melakukan sidang isbat.

"Menetapkan bahwa awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021," kata Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Senin (12/4/2021).

Mewakili pemerintah, pria yang akrab disapa Gus Yaqut pun menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini.

"Selamat menjalankan ibadah puasa," tuturnya.

Baca Juga: Terungkap, Isi Tas Misterius yang Diduga Bom di Kantor DPRD Kota Kediri Ternyata Batu Bata

Sidang isbat digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Sidang dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sejumlah ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. Ada juga Ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X