The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pengungsi Rohingya Dipindahkan Otoritas Bangladesh ke Pulau Terpencil Bhasan Char
Para pengungsi Rohingya dipindahkan dengan kapal. ( REUTERS/Mohammad Ponir Hossain).
News

Pengungsi Rohingya Dipindahkan Otoritas Bangladesh ke Pulau Terpencil Bhasan Char

1.600 pengungsi

Jumat, 04 Desember 2020 15:31 WIB 04 Desember 2020, 15:31 WIB

INDOZONE.ID - Para pengungsi Rohingya yang terdiri dari umat Muslim Myanmar, berlayar dari pelabuhan Chittagong di wilayah selatan Bangladesh menuju pulau terpencil Bhasan Char di kawasan Teluk Benggala pada Jumat (4/11/2020). Ada sekitar 1.600 pengungsi seperti yang dikabarkan pejabat kelautan setempat dipindahkan otoritas Bangladesh.

Melansir Antara, otoritas Bangladesh menyebut bahwa mereka hanya memindahkan para pengungsi yang bersedia pergi dan bahwa pemindahan ini akan mengurai masalah kelebihan kapasitas di kamp yang dihuni oleh lebih dari satu juta orang Rohingya.

Sejumlah pengungsi dan pekerja kemanusiaan mengatakan bahwa sebagian pengungsi tersebut dipaksa pergi ke Bhasan Char, pulau rawan banjir yang muncul ke permukaan pada 20 tahun lalu.

"Pemerintah tidak membawa satu orang pun ke Bhasan Char secara terpaksa. Kami mempertahankan sikap ini," kata Menteri Luar Negeri Bangladesh Abdul Momen, Kamis (3/12/2020) malam.

Baca Juga: Jessica Iskandar Pamer Foto Peluk Kuda Pakai Gaun Transparan, Netizen: Pikiranku Piknik

Sementara itu, pejabat kelautan menyebut bahwa para pengungsi yang dipindahkan itu menaiki tujuh kapal, dengan dua kapal lainnya yang membawa barang kebutuhan.

Berdasarkan gambar yang diambil dari atas salah satu kapal menunjukkan bahwa para pengungsi tersebut berjajar duduk di kursi plastik biru, di bawah pengawasan para staf pelaut berseragam.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dalam pernyataannya, menyebutkan bahwa pihaknya diberikan "informasi yang terbatas" mengenai relokasi tersebut serta tidak diikutsertakan dalam persiapannya.

Sebanyak 300 pengungsi lebih dibawa ke pulau Bhasan Char lebih dahulu pada tahun ini, setelah beberapa bulan mereka berada di lautan dalam upaya melarikan diri ke Bangladesh.

Kelompok hak asasi manusia menyebut bahwa para pengungsi diperlakukan tak sejalan dengan yang diinginkan dan mereka mengeluhkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US