Yus Sudarso Sebut Terdapat 4 Faksi di Dalam Partai Demokrat

- Selasa, 2 Februari 2021 | 17:34 WIB
Kolase foto AHY dan Moeldoko (ANTARA)
Kolase foto AHY dan Moeldoko (ANTARA)

Politikus senior Partai Demokrat Yus Sudarso mengatakan, bahwa terdapat empat faksi yang ingin adanya perubahan kepemimpinan Partai Demokrat dari tangan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Dalam pertemuan ini, setidaknya saya amati ada dan saya tahu ada empat faksi," kata Yus dalam konfrensi pers di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/2/2021).

Ia memaparkan, faksi pertama adalah kelompok Subur Budi Santoso yang merupakan Ketum pertama Partai Demokrat, kemudian ada faksi Ketum Demokrat hasil kongres 2005 di Bali yakni Hadi Utomo.

"Kebetulan saya sebagai koordinator pemenangan Hadi Utomo-Marzuki Alie," tutur dia.

Yus melanjutkan faksi ketiga adalah Anas Urbaningrum yang merupakan Ketum Demokrat hasil Kongres di Bandung 2010 dan faksi ke-empat adalah Marzuki Alie.

Lebih lanjut Yus menekankan, niat dari empat faksi itu bukanlah sengaja direkayasa. Namun, empat faksi tersebut untuk memiliki satu tujuan yang sama agar membawa Partai Demokrat ke depan lagi. 

"Ini adalah sepenuhnya bagian dari internal partai," bebernya.

Kemudian Yus menuturkan alasan lumrah apabila ke-empat faksi ini mengusulkan sosok tokoh yang harus memimpin Partai Demokrat. Dimana mereka mengusulkan agar Moeldoko dapat menjadi orang nomor satu di Partai Berlambang Mercy itu.

Hal serupa pernah dilakukan oleh pendiri Partai Demokrat di kala meminang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai calon Presiden Indonesia pada 2004.

"Apa salahnya kami kalau hari ini menjemput figur, tokoh, ke depan, apa salahnya Pak Moeldoko, seperti senior sebelumnya menjemput Pak SBY," tutup  dia.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X