Diperiksa 12 Jam, Abu Janda Ngaku Dicecar 50 Lebih Pertanyaan Soal Kasus 'Islam Arogan'

- Senin, 1 Februari 2021 | 20:39 WIB
Abu Janda usai jalani pemeriksaan soal
Abu Janda usai jalani pemeriksaan soal

Penyelidik Bareskrim Polri sudah selesai memeriksa Permadi Arya alias Abu Janda selama 12 jam lamanya terkait kasus ocehan 'islam arogan'. Diperiksa selama 12 jam lamanya, Abu Janda mengaku dicecar 50 lebih pertanyaan.

"Saya datang lebih pagi saya diperiksa sudah 12 jam pertanyaan saya udah nggak kehitung lagi mungkin 50 pertanyaan pasti lebih," kata Abu Janda kepada wartawan di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (1/2/2021)

Dalam pemeriksaan kali ini, Abu Janda hanya dicecar pertanyaan seputar cuitan islam arogan. Polisi menggali kronologi hingga ucapan Islam arogan itu terlontar dari Abu Janda.

Baca Juga: Natalius Pigai Dilaporkan Karena Sebut Suku Minang Tak Bisa Jadi Presiden

"Intinya saya menjelaskan saya sebagai saksi dipanggil untuk klarifikasi menjelaskan apa yang saya maksud dengan itu (aslam arogan). Jadi saya sudah jelaskan ke penyidik bahwa twit saya yang bikin ramai itu adalah twit jawaban saya kepada Ustaz Teungku Zul," kata Abu Janda.

Lebih jauh, dia mengaku, ucapan itu hanya untuk merespons ucapan dari Teungku Zul di media sosial. Dari situlah muncul kata-kata arogan yang menjadi pemantik dalam kasus ini.

"Jadi ketika saya mengatakan arogan itu karena saya merespons twit provokatif Teungku Zul yang mengatakan bahwa minoritas di negeri ini arogan ke mayoritas. Di situlah keluar kata arogan itu," ungkap Abu Janda.

Seperti diketahui, Abu Janda dilaporkan ke Bareskrim Polri dalam dua kasus yang berbeda. Kasus pertama berkaitan dengan cuitan evolusi yang diduga mengandung ujaran kebencian atau rasisme yang saat itu ucapan tersebut ditujukan Abu Janda ke Natalius Pigai.

Kasus kedua yakni cuitan Abu Janda yang menyebut islam arogan karena merupakan agama yang datang dari negara lain dan mengharamkan ritual sedekah laut hingga mengharamkan kebaya dengan alasan aurat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X