Bicara PHK, Jokowi: Pemulihan Ekonomi Harus Bermanfaat Bagi Pelaku Usaha

- Rabu, 3 Juni 2020 | 14:35 WIB
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi. (Instagram/@jokowi).
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi. (Instagram/@jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengantakan bahwa pemerintah telah menyiapkan berbagai program pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Karena itu, ia meminta program tersebut harus dapat dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha.

"Program pemulihan ekonomi nasional, memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha utamanya sektor industri padat karya, agar mereka tetap mampu beroperasi, ini penting," kata Jokowi dalam rapat terbatas bersama menteri kabinet Indonesia Maju disiarkan akun Youtube Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Menurut Jokowi, manfaat yang akan diterima atau dirasakan pelaku usaha sangat perlu diperhatikan dalam penyiapan program pemulihan ekonomi nasional yang dicanangkan. Hal ini pula yang diakui kepala negara menjadi tantangan terbesar saat ini. 

Jika program yang disiapkan matang dan tepat, maka manfaatnya akan baik.

"Mencegah terjadinya PHK (pemutusan hubungan kerja) yang masif dan mampu mempertahankan daya beli para pekerjanya, para karyawannya," ujarnya.

Jokowi menegaskan, sektor industri padat karya perlu menjadi perhatian para menterinya dalam membuat program dan kebijakan. Pasalnya, sektor ini punya peran besar dan fundamental dalam perekonomian nasional.

"Hati-hati, sekali lagi untuk industri padat karya, karena sektor ini menampung tenaga kerja yang sangat banyak. Sehingga goncangan pada sektor ini akan berdampak pada para pekerja dan tentu saja ekonomi keluarganya," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X