The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kondisi Wuhan Setahun Sejak Pandemi, Kini Bebas Berpesta dan Dugem, Bikin Iri Negara Lain
Warga Wuhan yang kini asyik berpesta (REUTERS/Aly Song)
News

Kondisi Wuhan Setahun Sejak Pandemi, Kini Bebas Berpesta dan Dugem, Bikin Iri Negara Lain

Rabu, 23 Desember 2020 12:42 WIB 23 Desember 2020, 12:42 WIB

INDOZONE.ID - Di akhir tahun 2019 lalu, sebuah virus corona baru ditemukan di Wuhan, China. Virus yang kemudian disebut sebagai Covid-19 ini kemudian menyebar ke seluruh dunia hingga menginfeksi lebih dari 78 juta orang, dilansir dari Worldometers, Rabu (23/12/2020).

Sempat menjadi episentrum Covid-19, kini warga Wuhan sudah bisa mulai berpesta kembali, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (23/12/2020).

Kehidupan malam di Wuhan bergeliat kembali setelah sebelumnya menerapkan aturan lockdown yang ketat.

Kala itu, lockdown total diterapkan di kota berpenduduk 11 juta orang tersebut, mulai dari 23 Januari. Jam malam diberlakukan, warga harus diisolasi di rumah dan transportasi umum dilarang keluar masuk.

Lockdown total berlangsung selama 76 hari dan berakhir pada awal April 2020. Artinya, sudah hampir tujuh bulan Wuhan mencabut aturan lockdown yang mengarantina jutaan orang di daerah tersebut.

Sekarang, muda-muda Wuhan bebas berkerumun di mana pun mereka mau, menikmati jajanan tanpa harus dipusingkan dengan protokol kesehatan, serta bersenang-senang di klub malam.

Baca juga: Wuhan Kembali Ramai Kunjungan Turis, Capai Angka 18 Juta

Sebuah pemandangan yang kontras jika dibandingkan dengan situasi panik di Wuhan di awal tahun 2020 silam.

Ekonomi juga mulai berputar kencang, setelah sebelumnya terpukul hebat gara-gara pandemi Covid-19. Pemandangan di Wuhan ini menjadi idaman banyak negara yang masih bergulat dengan Covid-19.

Warga Wuhan yang kini asyik berpesta
Warga Wuhan yang kini asyik berpesta (REUTERS/Aly Song)

Warga Wuhan kini tumpah ruah memadati tempat-tempat umum untuk bersenang-senang dengan teman dan kerabat.

“Setelah mengalami gelombang pertama epidemi di Wuhan dan kemudian pembebasan, saya merasa seperti menjalani kehidupan kedua, '' kata Zhang Qiong (29), seorang warga Wuhan..

"Selama masa epidemi, Wuhan merupakan kota yang mati. Setelah dibuka kembali, saya belum pernah melihat begitu banyak orang. Sekarang semua orang pergi keluar untuk makan dan bersenang-senang," ujar seorang warga kepada Reuters.

Memang ekonomi belum sepenuhnya pulih, namun setidaknya ada perkembangan jika dibandingkan dengan ekonomi negara-negara lain yang terpuruk berbulan-bulan.

Meski virus Covid-19 disinyalir kuat berasal dari China, cara pemerintah mengatasi pandemi menuai pujian.

Di sisi lain, negara-negara lain masih harus menerapkan protokol kesehatan ketat, dan kini sedang melakukan uji coba vaksin Covid-19.

Vaksin ini diharapkan bisa mengubah kondisi dunia saat ini, seperti Wuhan yang sudah mulai berpesta tanpa takut ancaman Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US