Menko Luhut Minta Gubernur di 8 Provinsi Siapkan Hotel untuk Pusat Karantina

- Jumat, 18 September 2020 | 10:21 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan)
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan)

Gubernur dari delapan provinsi penyumbang terbesar kasus COVID-19 diminta untuk menyiapkan hotel bintang dua atau tiga untuk jadi pusat karantina bagi pasien tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG) atau yang bergejala ringan untuk isolasi diri.

Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, permintaan itu diungkap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat rapat koordinasi (Rakor) pengendalian COVID-19.

"Pak Menko minta para gubernur untuk meniru langkah yang telah dilakukan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah," kata Jodi seperti dilansir Antara, Jumat (18/9/2020).

Menurut Jodi, Rakor tersebut dihadiri Kepala BNPB Doni Monardo, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan dr Alexander K Ginting, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Selain itu, hadir pula para petinggi TNI dan Polri dari delapan provinsi utama.     

"Pak Menko minta Pak Doni (Kepala BNPB) untuk menyemprotkan disinfektan ke lokasi-lokasi keramaian setiap hari atau dua hari sekali," kata Jodi.

Jodi juga mengatakan, Luhut meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memastikan kebutuhan obat dan terapi yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien COVID-19.

"Beliau ingin ada standar obat bagi pasien COVID-19 di semua daerah, misalnya berkolaborasi dengan RSPAD yang beliau tahu sudah bagus," kata Jodi.

Jodi mengatakan, Menko Luhut mengakui mustahil untuk menurunkan total jumlah penderita COVID sebelum vaksin atau obat COVID ditemukan. Namun, penekanan kasus Covid-19 bisa dilakukan selama adanya kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, TNI dan Polri bisa dilakukan dengan sistematis.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan pemanfaatan hotel untuk sebagai tempat karantina dapat menjadi solusi tingginya okupansi ruang ICU di rumah sakit.

"Tentang kesiapan hotel saya sudah berkoordinasi dengan daerah, apabila anggaran daerah kurang kami bisa membantu untuk menyediakan, dengan rekomendasi puskesmas setempat," kata Doni.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X