Seleksi CPNS Bakal Dibuka, Tjahjo Kumolo Ingatkan Calo yang Bakal Bergentayangan

- Rabu, 24 Maret 2021 | 14:41 WIB
Tes CPNS. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Tes CPNS. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo memberikan imbauan bahwa menjelang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) banyak calo yang bergentayangan dimana-mana.

Demikian dikatakan Tjahjo dalam rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

“Pada forum terhormat ini, kami juga mengimbau, karena setiap ada CPNS ada namanya pasukan calo ini gentayangan dimana-dimana. Ini saya kira setiap tahun pasti ada," ujar Tjahjo.

Politikus PDIP ini lantas memberikan sebuah contoh kasus para calo beraksi di tahun 2019. Dimana, kala itu rumahnya didatangi sejumlah orang dan ternyata mereka datang karena perintah dari calo.

"Nah sebagai contoh saja penerimaan 2019 ada yang tega bawa sejumlah orang lebih dari 10 pakaian putih-putih lengkap mendatangi rumah saya. Ini katanya pak Menpan mau menyerahkan SK khusus dan itu dikumpulkannya di hari libur ya di Gedung DPR ini,” katanya.

BACA JUGA: Momen Anak Kembar Menanti Pengumuman SNMPTN 2021, Ibu: Saling Menguatkan

Ia pun bersyukur kasus penipuan CPNS oleh calo ini sudah bisa ditangani oleh Polda Metro Jaya. Menurut Tjahjo, para calon ini mendapatkan uang miliaran rupiah dari hasil penipuan tersebut.

"Alhamdulillah orangnya sudah ditangkap sampai bisa puluhan miliar oleh Polda Metro Jaya sudah ditangkap, ini suatu jaringan. Kasihan nanti mereka ini,” tuturnya.

“Jadi kita imbau untuk hati-hati terhadap berbagai calo yang ada," imbuhnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X