Setelah Dikabarkan Menghilang, Wajah Jack Ma Dihapus Dari Situs Alibaba

- Rabu, 6 Januari 2021 | 08:38 WIB
Wajah Jack Ma dihapus dari situs Alibaba (REUTERS/Charles Platiau)
Wajah Jack Ma dihapus dari situs Alibaba (REUTERS/Charles Platiau)

Pendiri Alibaba dan miliarder, Jack Ma dilaporkan beberapa hari yang lalu hilang dan berada di bawah pengawasan pemerintahan China.

Hilangnya Jack Ma, terjadi tak lama setelah dirinya melontarkan kritikan terbuka kepada pemerintahan China.

Kecurigaan mengenai hilangnya meningkat ketika Ma tidak muncul sebagai anggota juri di episode terakhir program reality televisinya, Africa’s Business Heroes. Sebagai gantinya, ia digantikan oleh eksekutif Alibaba lainnya dalam program yang ditayangkan akhir November lalu. Wajah Jack Ma juga telah dihapus dari situs Alibaba.

Dilansir dari World of Buzz, Alibaba mengatakan kepada CNN Business pada hari Senin bahwa Ma harus melewatkan final karena konflik penjadwalan. Pihak Alibaba juga menolak komentar lebih lanjut tentang keberadaannya.

Kita tahu bahwa pada konferensi di Shanghai pada 24 Oktober, Ma secara terbuka mengkritik regulator China. Pernyataannya itu pula yang diduga oleh pengamat teknologi China membuat bisnis Ma bermasalah dengan pemerintah.

“Yang kita butuhkan adalah membangun sistem keuangan yang sehat, bukan risiko keuangan yang sistematis. Berinovasi tanpa risiko berarti mematikan inovasi. Tidak ada inovasi tanpa risiko di dunia," kritikan Ma pada 24 Oktober.

Hanya beberapa hari setelah itu, eksekutif Ma dan Ant Group (Perusahaan afiliasi Grup Alibaba China) dipanggil oleh regulator China untuk melakukan 'wawancara regulasi'.

Tweet terakhir Jack Ma adalah pada 10 Oktober 2020 mengenai kemitraannya dengan Duke of Cambridge serta para pemimpin dan organisasi global lainnya untuk mendukung EarthshotPrize dan mengatasi tantangan lingkungan yang kita semua hadapi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X