OIF UMSU Bakal Gelar Pengamatan Gerhana Matahari Langka

- Jumat, 20 Desember 2019 | 00:06 WIB
photo/ANTARA FOTO/Septianda Perdana
photo/ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) bakal menggelar pengamatan gerhana matahari sebagian yang merupakan fenomena alam langka.

Untuk kegiatan pengamatan itu, pihak OIF akan menyiapkan sejumlah teleskop canggih. Kegiatan ini juga terbuka bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena alam gerhana matahari menggunakan teleskop canggih.

"Fenomena alam gerhana matahari sebagian diperkirakan terjadi pada 26 Desember 2019. Ini merupakan salah satu fenomena alam yang menarik untuk diamati," kata Kepala OIF UMSU, Dr Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar di Medan, Kamis (19/12).

"Lokasi pengamatan akan diadakan di pelataran kampus Pasca Umsu jl. Denai no. 217," katanya.

Dijelaskan, dalam pengamatan gerhana matahari tim OIF UMSU akan menyiapkan 5 unit teleskop, 1 unit binokuler, 1 unit kamera lubang jarum terbesar, dan 3 ribu kacamata matahari.

Pengamatan nantinya akan dibuka untuk umum, dan tim OIF menyiapkan 3 ribu kacamata yang dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

Kegiatan itu nantinya akan diiisi berupa berupa pengamatan matahari menggunakan teleskop, binokuler, kamera lubang jarum, shalat sunat gerhana, dan pemecahan rekor MURI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X