Ketika Jokowi Sewot Ditanya Wartawan

- Jumat, 20 Desember 2019 | 17:36 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Asof Iansyah)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Asof Iansyah)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat terlihat sewot saat melayani pertanyaan wartawan seusai melantik Pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12).

Salah satu pertanyaan wartawan membuat Jokowi sedikit menaikkan nada bicaranya. Pertanyaan itu terkait adanya penegak hukum aktif dalam Dewas KPK 2019-2023, yaitu Albertina Ho yang saat ini menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang. 

Wartawan tersebut mengatakan, Presiden Jokowi pernah berujar tak akan memilih penegak hukum aktif sebagai anggota Dewas KPK.

"Memang ada persyaratan normatif dalam Undang-undang,(kamu) ngga baca Undang-undangnya berarti. Coba baca Undang-undang, ada persyaratan itu," tegas Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian menjelaskan, penegak hukum itu bisa berasal dari hakim, jaksa, dan dari kepolisian. Dia menyebut hal itu ada dalam UU.

"Salah denger kamu," celetuk Jokowi disambut tawa para wartawan lainnya.

Suasana pun kembali mencair. Presiden Jokowi kembali melayani pertanyaan wartawan dengan antusias. Satu di antara tentang Pimpinan KPK 2019-2023 yang juga dilantik bersamaan dengan Dewas KPK.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X